Event

Gebyar Mahasiswa Matematika, yang dikenal sebagai GEMATIKA, merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh HIMATIKA Algebra. Acara ini bertujuan untuk merayakan hari ulang tahun matematika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dengan tema inspiratif “Follow Your Dream, Open Your Mind, Be The Next Mathematics Generation (FLUORITE).” GEMATIKA menyajikan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah ALPABETA (Ajang Lomba Prestasi Berbasis Matematika).

Pentingnya mengembangkan pengetahuan jiwa saintis diapresiasi melalui partisipasi dalam lomba, seperti Ajang Lomba Prestasi Berbasis Matematika (ALPABETA). Kegiatan ini dirancang untuk mengembangkan bakat dan prestasi pelajar pada tingkat SMA/MA sederajat, dengan tema “Generasi Matematika Hebat, Berprestasi, dan Berinovasi untuk Negeri.”

Pendaftaran Cerdas Cermat ALPABETA GEMATIKA 2023 dibuka mulai 12 Juni hingga 2 September 2023, berhasil menarik 59 tim pendaftar dengan 2-3 anggota di setiap tim. Pada tanggal 5 September, dilaksanakan Technical Meeting Babak Penyisihan Cerdas Cermat ALPABETA GEMATIKA 2023 yang memberikan pemahaman tentang peraturan, tata tertib, dan alur pelaksanaan babak penyisihan. Pada 10 September, babak penyisihan dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan system sibiti dengan partisipasi 57 peserta. Babak ini diakhiri setelah peserta menyelesaikan soal, dan pada tanggal 14 September, dilakukan Technical Meeting babak semifinal dan final, termasuk forum untuk membagi kelompok dari 25 tim yang lolos ke babak semifinal.

Pada 17 September, babak semifinal dan final ALPABETA GEMATIKA 2023 dilaksanakan secara luring, dihadiri oleh 5 tim terbaik dari masing-masing partai. Meskipun terdapat beberapa tantangan, seperti misskomunikasi dan ketidaksetujuan dengan kunci jawaban, semuanya dapat teratasi melalui forum yang dipimpin oleh dosen prodi matematika.

Hasil akhir menunjukkan keberhasilan Tim Vadli sebagai juara 1, Tim Nice sebagai juara 2, Tim Milk sebagai juara 3, Tim Ami sebagai harapan 1, dan Tim SKWND sebagai harapan 2. Ajang cerdas cermat ini memberikan pengalaman yang bermanfaat dan menciptakan momen yang berkesan bagi peserta dan pengunjung, meneguhkan eksistensi GEMATIKA sebagai wadah untuk memupuk semangat matematika dan prestasi di kalangan mahasiswa.