Event

Matematika merupakan ilmu yang erat kaitannya dengan kehidupan dan perkembangan manusia, terutama untuk kemajuan bangsa Indonesia. Matematika digunakan tidak hanya oleh matematikawan tetapi oleh para peneliti di semua bidang. Untuk mewujudkan hal tersebut, mahasiswa matematika Indonesia menjalin ikatan dan silaturahmi antara organisasi mahasiswa matematika dengan organisasi yang menaungi seluruh organisasi mahasiswa matematika di seluruh Indonesia yang disebut IKAHIMATIKA (Ikatan Mahasiswa Matematika Indonesia). IKAHIMATIKA sebagai salah satu organisasi mahasiswa yang berlandaskan keilmuan bertjuan untuk menggalang kerjasama antar organisasi Mahasiswa Matematika di seluruh Indonesia untuk mengembangkan wawasan mahasiswa dan membangun kultur tentang kematematikaan.

IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V merupakan salah satu dari 6 wilayah hukum yang ada di Indonesia. IKAHIMATIKA Indonesia wilayah V dipimpin oleh koordinator wilayah. IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V terdiri dari Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Tengah. Serangkaian program kerja dilaksanakan selama satu periode jabatan kepengurusan di wilayah hukumnya dan tetap selaras dengan tujuan dan fungsi IKAHIMATIKA Indonesia. Serangkaian program kerja tersebut diperlukan adanya laporan pertanggungjawaban terhadap program kerja tersebut.

Oleh karena itu, diadakanlah “Musyawarah Wilayah ke-IX IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V Tahun 2023” atau yang disingkat “MUSWIL ke-IX IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V Tahun 2023”. sebagai wadah laporan pertanggungjawaban pengurus wilayah. Selanjutnya, tongkat estafet kepemimpinan akan dilanjutkan kepada pemimpin yang akan ditentukan oleh mahasiswa anggota IKAHIMATIKA yang hadir dalam Musyawarah Wilayah ke-IX IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V demi kemajuan IKAHIMATIKA dan menjadikan anggotanya sebagai generasi berkarakter yang turut dalam mewujudkan visi dan misi IKAHIMATIKA Indonesia. Kegiatan Musyawarah Wilayah ke-IX IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V Tahun 2023 mengusung tema “Meningkatkan Sinergitas dan Kapabilitas Kepemimpinan Menuju IKAHIMATIKA Wilayah V yang Berkualitas”.

Rangkaian acara yang akan meramaikan MUSWIL ke-IX IKAHIMATIKA Wilayah V terdiri dari empat kegiatan utama. Pertama, Musyawarah Wilayah ke-IX akan diselenggarakan pada Jumat, 14 Juli 2023, dimulai pukul 19.00 WIB di Ruang Ajang Gelar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Disusul dengan Seminar Nasional pada Senin, 17 Juli 2023, dimulai pukul 09.00 WIB di Auditorium Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Pada hari yang sama, akan berlangsung LKMM-TD pada pukul 13.00 WIB di Auditorium Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan terakhir, Field Trip, akan mengajak peserta menjelajahi berbagai destinasi wisata Kota Surabaya pada Selasa, 18 Juli 2023, dimulai pukul 09.00 WIB. Melalui rangkaian acara yang beragam ini, diharapkan MUSWIL ke-IX IKAHIMATIKA Wilayah V tidak hanya menjadi forum musyawarah tetapi juga kesempatan untuk berbagi pengetahuan, memperluas wawasan, dan mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa matematika di seluruh wilayah V Indonesia.