Berita

GELAR RTM-5, UINSA RAIH APT UNGGUL

UINSA Newsroom, Selasa (23/01/2024); “Kita harus tahu, bahwa predikat unggul ini prosesnya sangat panjang. Kita bekerja ini bukan seperti menanam kemangi, kita ini menanam jati.”

Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memasuki tahun kelima. Kegiatan yang digelar rutin setiap awal tahun ini menjadi salah satu upaya mengevaluasi target dan capaian kinerja tim manajemen selama satu tahun terakhir. Mengusung tema, ‘Performance Measurability 2023; Capaian Kinerja, Resolusi Rektor, Bridging Laboratories Skema MBKM Menuju Rekognisi Internasional,’ kegiatan ini digelar pada Selasa-Kamis, 23-25 Januari 2024 di Kota Batu.

RTM 2023 ini dibuka dengan laporan dari panitia kegiatan, Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK), Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag. Dalam laporannya Kabiro menegaskan bahwa, RTM penting digelar dalam rangka memastikan ‘Performance Measurability baik di sektor kinerja akademik dan non akademik. “Dan itu juga sebagai upaya mitigasi resiko dalam menyiapkan program pengembangan tahun 2024,” ujar Dr. Muhtar.

Selain itu, RTM ini juga memastikan implementasi SDMI. “RTM ini harus memiliki output pengukuran-pengukuran sistem mutu berkesinambungan,” imbuh Dr. Muhtar.

Menandai dibukanya kegiatan, sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. H. Ali Mudlofir, M.Ag., dilanjutkan dengan taujihad yang disampaikan Ketua Senat Akademik UINSA Surabaya, Prof. Dr. Moh. Ali Aziz, M.Ag. Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang AK menyampaikan bahwa RTM merupakan puncak kegiatan dari jaminan mutu yang ada di UINSA Surabaya.

Pada kesempatan ini, Warek AK juga menyampaikan kabar gembira terkait status Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) UINSA yang telah berubah dari A menjadi Unggul. “Mudah-mudahan dengan berubahnya status APT dari A menjadi Unggul ini juga akan diikuti prodi-prodi yang ada di UINSA,” ujar Prof. Ali Mudlofir.

Ketua Senat Akademik pun menyampaikan apresiasi atas capaian APT unggul tersebut. Hal itu merubah buah dari kinerja keras dan proses panjang tim manajemen UINSA Surabaya. Layaknya menanam jati, hasil terbaik didapat dari proses kesabaran jangka panjang. Selain itu, Ketua Senat juga menegaskan, bahwa capaian UINSA merupakan hasil dari kolaborasi berbagai pihak yang solid dan sinergis.

Arahan dari Ketua Senat Akademik dan sekaligus doa menandai proses Opening Ceremony. Kegiatan pun dilanjutkan dengan sesi pengarahan dari Rektor serta sesi pleno di malam hari. Diantara sesi pleno yang digelar pada kesempatan RTM hari pertama antara lain Tindak lanjut Hasil RTM 2022 dan capaian kinerja universitas bidang pemeriksa internal dan eksternal. (Nur/Humas)

Reportase: Nur/Yudi
Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN Cahaya