Berita

Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terus berkomitmen untuk semaksimal dan seoptimal mungkin melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi. Selain memastikan seluruh proses pembelajaran berjalan dengan baik, program studi juga baru saja usai melaksanakan International Conference on English Language Teaching (ICONELT) keempat pada 11-13 September 2024 lalu. Kegiatan konferensi ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dharma penelitian. Estafet berikutnya adalah melaksanakan dharma pengabdian kepada masyarakat. 

Sudah menjadi kekhasan dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat bukanlah sebuah kegiatan terpisah namun terintegrasi dalam pembelajaran. Sehingga, pada Kamis, 19 September 2024 Foreign Language service learning Center (FLSLC) yang mengelola kegiatan service learning di Prodi PBI melakukan rapat koordinasi dan penyegaran kepada 31 mitra service learning. Kegiatan service learning bukan saja merupakan bentuk integrasi pengabdian dalam pembelajaran namun juga bentuk pengabdian secara kolaboratif antara dosen dan mahasiswa. Afida Safriani, Ph.D., Ketua FLSLC, menyampaikan bahwa berbeda dengan praktik lapangan dan KKN, service learning lebih menekankan pada bentuk experiential learning yang memiliki komposisi yang sama antara pencapaian kompetensi pada mata kuliah dan pelaksanaan pengabdian.

  

Pada semester ini jumlah mitra service learning meningkat tiga kali lipat dari semester sebelumnya. Jika pada semester sebelumnya kemitraan terbatas pada wilayah Surabaya dan Sidoarjo, pada semester ini kemitraan juga merangkul sekolah mitra yang ada di Mojokerto, Gresik, Jombang, Malang dan Bondowoso. Hal ini bukan saja memberi peluang bagi Prodi PBI untuk semakin meningkatkan kemitraan guna pencapaian kompetensi mahasiswa dan pelaksanaan tri dharma namun juga semakin menggaungkan peran UIN Sunan Ampel Surabaya dalam melayani masyarakat secara luas. 

Rapat koordinasi yang dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan, Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M. Ag. ini ditujukan untuk membahas tujuan dan skema pelaksanaan kegiatan service learning mahasiswa semester 3 pada tahun akademik 2024/2025. Sebagai bentuk implementasi Integrated Twin Towers dan sekaligus integrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam pembelajaran, mahasiswa yang menempuh mata kuliah Written English, Grammatical Analysis dan Linguistics in ELT akan bersama dengan guru mitra melakukan analisis kebutuhan untuk pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

 

Dilaksanakan secara daring, rapat koordinasi sebagai kick off kegiatan service learning dengan banyak mitra baru ini disambut baik oleh perwakilan sekolah dan madrasah. Para mitra berharap kegiatan berjalan lancar dan kemitraan dapat terus berlanjut. Beberapa mitra lama juga menyampaikan beberapa refleksi dan evaluasi diantaranya terkait perlunya koordinasi yang lebih intensif untuk memitigasi hambatan dalam pelaksanaan kegiatan.  Service learning untuk semester 3 akan dimulai pada 23 September 2024 secara luring untuk mitra di Surabaya dan Sidoarjo dan secara daring untuk mitra di luar kedua wilayah tersebut. Semoga kegiatan berjalan lancar dan PBI semakin mengibarkan sayap untuk terus berkontribusi dalam memajukan pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia. PBI, Yes, We Can. FLSLC, I Serve. UINSA, Stronger Together, Together Stronger.  (SA)