Berita

Dalam Rapat Tim Manajemen (RTM) yang diselenggarakan pada hari Rabu, 17 Januari 2024, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya (FISIP UINSA) merayakan kontribusi luar biasa dari para civitas akademikanya. Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag., Dekan FISIP UINSA, menyampaikan beberapa pencapaian penting dari para anggota fakultas, yang diakui keunggulannya dalam konteks akademik dan non-akademik, serta peran administratif mereka. RTM, sebuah pertemuan penting yang diadakan di lantai 4 gedung FISIP UINSA, berfungsi sebagai platform untuk mengakui dan merayakan pencapaian anggota tim FISIP yang inovatif dan berdedikasi.

Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, M.Si., yang akrab disapa Pak Bahar, menerima penghargaan sebagai Dosen Terbaik dengan Tugas Tambahan (DT) pada tahun 2023. Pak Bahar, dosen yang sekaligus menjabat sebagai Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, mendapatkan penghargaan karena telah melampaui target perolehan income sebesar 1 miliar untuk tahun 2023. Namun lebih dari itu, komitmen Pak Bahar tidak hanya dalam hal finansial. Beliau juga aktif membina kerja sama nasional dan internasional, dan mendapatkan penghargaan dari universitas di kedua bidang tersebut pada Hari Amal Bakti Kementerian Agama tanggal 3 Januari lalu.

Dekan FISIP UINSA, Prof. Abd. Chalik menyebutkan tiga alasan utama atas penghargaan yang diberikan kepada Pak Bahar, yakni pencapaian keuangan yang melebihi target, keberhasilan pengembangan hubungan kerja sama, dan pengelolaan kegiatan kemahasiswaan yang luar biasa. Ketiga pencapaian tersebut, yang mencakup bidang akademik dan non-akademik, menjadi bukti dedikasi dan kualitas kepemimpinan Pak Bahar sepanjang tahun 2023.

Selain itu, penghargaan Tenaga Administrasi (Tendik) Teladan juga dianugerahkan kepada Bapak Muhammad Taufiquddin, yang diakui atas ketertiban, kedisiplinan, dan kontribusinya yang luar biasa dalam administrasi akademik. Pak Taufiq, yang juga akrab dengan sapaan Mas Black, menjabat sebagai Jabatan Fungsional Umum di bidang Administrasi Akademik. Beliau menunjukkan dedikasi, loyalitas, dan inovasi yang luar biasa sepanjang tahun 2023. Keterlibatannya yang proaktif dalam tugas-tugas administratif dan non-administratif menjadi bukti atas komitmennya untuk memajukan FISIP.

Sambil memuji pencapaian para individu yang luar biasa ini, Dekan Prof. Abd. Chalik menyampaikan harapannya agar penghargaan ini tidak hanya menginspirasi para penerima, tetapi juga memotivasi anggota fakultas lainnya untuk meningkatkan kinerja, dedikasi, dan inovasi mereka. Beliau menekankan tanggung jawab kolektif anggota fakultas dalam memajukan pengembangan FISIP di tahun baru 2024 ini.

Secara khusus, Dekan menyayangkan bahwa, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tidak ada penghargaan yang diberikan kepada DS (Dosen biasa) karena adanya penurunan pencapaian, terutama dalam hal publikasi yang terhitung selama tahun 2023 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Keputusan ini bertujuan untuk mendorong para dosen agar terus berusaha melakukan terobosan dalam peran mereka sebagai pendidik, peneliti, dan pengembang masyarakat di tahun-tahun mendatang. (WD)