Berita

FISIP KEMBALI LAKUKAN SIMULASI ASESMEN LAPANGAN AKREDITASI PRODI ILMU POLITIK

Simulasi Asesmen Lapangan (AL) akreditasi Prodi Ilmu Politik kembali dilakukan oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) UINSA Surabaya kepada UPPS Rabu, 15 Maret 2023. Simulasi ini dilakukan dalam rangka menyambut AL akreditasi Prodi Ilmu Politik yang rencananya akan dilakukan tanggal 20 – 21 maret 2023. UPPS (FISIP) diminta menggambarkan dan menjelaskan mengenai Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian dan Peningkatan (PPEPP) yang sesuai dengan Standar Dikti.

Berdasarkan Pasal 52 Ayat (2) Undang-Undang Dikti disebutkan bahwa penjaminan mutu dilakukan melalui lima langkah yang dikenal dengan siklus PPEPP. Siklus PPEPP dilakukan mulai kreteria visi, misi, tujuan dan setrategi, tata pamong tata kelola dan kerjasama, mahasiswa dan alumni, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta luaran dan capaian tridharma.

Ketua LPM UINSA Surabaya, Dr, Ali Musthofa, M.Pd, dalam agenda simulasi akreditasi, menanyakan mengenai praktik terstruktur dan konkrit pelaksanaan PPEPP yang dilakukan FISIP UINSA. Pertanyaan-pertanyan ditujukan kepada Dekan  Dr. Abd Chalik, M.Ag, Wakil Dekan I, Dr. Iva Yulianti Umdatul Izzah, M.Si, Wakil Dekan II, Dr. Aniek Nurhayati, M.Si, Dr. Moh. Syaeful Bahar, M.Si. Dalam simulasi ini masing-masing ditanya tentang praktik Penetapan, Pelaksanaan dan Evaluasi yang dikerjakan UPPS untuk menjamin mutu internal FISIP UINSA. Berkembang dalam diskusi simulasi tentang sistem penjaminan mututerutama penetapan visi, pelaksanaan misi, mitra kerja, evaluasi kinerja dosen, hingga capaian tridharma seperti penelitian dan pengabdian, serta luaran alumni dan pengguna alumni yang dilakukan melalui metode trecer study.    

Selain Dekan dan Wakil Dekan, pertanyaan mengenai sistem penjaminan mutu internal FISIP juga ditujukan kepada Gugus Kendali Mutu (GKM), Ketua Jurusan (Kajur), Moh. Fathoni Hakim, M.Si dan Ketua Program Studi Ilmu Politik, Noor Rohman, M.A. Keduanya dimintai jawaban dan deskripsi tersetruktur dan konkrit tentang penjaminan mutu yang dikerjakan di level jurusan dan prodi. Tidak luput dari pertanyaan mengenai praktik penyusunan dan penetapan kurikulum, penyusunan Rencana Pembelejaran Semester (RPS), praktik pelaksanaan pembelajaran, metode evaluasi pembelajaran, evaluasi semester, kerja penelitian dan pengabdian dosen Prodi Ilmu Politik.

Sekedar untuk diketahui bahwa simulasi ini merupakan simulasi ketiga setelah sebelumnya dilakukan simulasi pengelolaan kepada tenaga kependidikan yang membawahi sistem informasi akademik dan simulasi persiapan data dan dokumen pendukungan akreditasi.

Hadir dalam simulasi akreditasi ketigas, Sekretaris LPM, Ahmad Yusuf, M.Kom, Kepala Pusat Penjaminan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa, Holilah, M.Si dan Kepala Pusat Audit Mutu Akademik, Ahmad Lubab, M.Si.