Berita
“Expo 6.0: Dari Himapol Untuk Mahasiswa Ilmu Politik”

(19 Desember 2022) Telah sukses diselenggarakan acara Extraordinary Politic (expo) 6.0 yang berlokasi di Villa Ringgit, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik (Himapol) FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya, Kabinet Sahwahita selaku penyelenggara, mengusung tema “Masyarakat Komunikatif: Menuju Gen Z yang Inovatif Melalui Kritis Praksis”.

Expo 6.0 atau bisa disebut juga dengan ospek jurusan ini merupakan sebuah agenda rutin setiap tahun dari Himapol sebagai langkah awal untuk menjalin dan mempererat silaturahmi antara mahasiswa Ilmu Politik. Expo 6.0 ini juga sebagai ajang untuk dapat mengenalkan Himapol kepada mahasiswa baru Ilmu Politik khususnya angkatan tahun 2022.

Amir Batistuta selaku Nahkoda Himapol, menjalankan apa yang sudah menjadi budaya di lingkungan program studi Ilmu Politik itu sendiri. Expo 6.0 ini ruang bagi para mahasiswa baru Ilmu Politik untuk dapat belajar, tidak hanya di dalam ruang kelas saja.

“Alasan dari diselenggarakannya Expo 6.0 ini adalah sebagai bentuk budaya dari mahasiswa Ilmu Politik itu sendiri. Yang memang konsep utamanya adalah kuliah diluar kampus, dan dalam akidah ini, teman – teman mahasiswa Ilmu Politik terutama mahasiswa baru, bukan hanya berpikir bahwa belajar bisa di dalam ruang kelas saja, namun belajar juga bisa dilakukan di luar ruang kelas,” ujarnya.

Expo 6.0 ini diadakan secara serentak bersama dua program studi lainnya yang ada di FISIP UINSA, untuk dapat bersama – sama menjaga keutuhan dan menjunjung tinggi rasa solidaritas satu fakultas.

“Salah satu agenda ini merupakan sebuah acara budaya dari mahasiswa program studi Ilmu Politik, dan program studi sosiologi, begitu pun juga dengan program studi Hubungan Internasional. Yang diselenggarakan sebagai bentuk rasa solidaritas dan atas nama FISIP UINSA yang utuh,” tambah nahkoda berkacamata tersebut.

Acara yang berhasil diselenggarakan dengan lancar dan sukses ini, telah terkonsep dengan baik oleh panitia penyelenggara. Indikator dari lancar dan suksesnya acara tersebut adalah dengan dibuktikannya antusiasme mahasiswa Ilmu Politik yang merasakan euforia serunya Expo 6.0 ini.

Ubaidillah sebagai Ketua Pelaksana 6.0 sangat bersyukur, karena merasa cukup dengan antusiasme yang dimiliki melalui euforia bersama yang dirasakan oleh mahasiswa baru Ilmu Politik angkatan tahun 2022.

“Alhamdulillah Expo 6.0 berjalan dengan lancar karena agenda yang telah di konsep dan di rencanakan telah terlaksana dengan lancar. Antusias peserta pun sudah cukup, karena peserta dapat merasakan euphoria di Expo 6.0 ini,” ucapnya. (Al Ghozaly Irzha Bagus Syahputra)