Berita

Alauddin Center for International Relations Studies (ACIRS) mengundang Program Studi Hubungan Internasional UINSA dalam kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Metode Riset Penulisan HI pada Senin, 19 Desember 2022 melalui Zoom meeting. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Program Studi Hubungan Internasional UIN Alauddin Makassar (UINAM) tersebut mengangkat tema Integrasi Keilmuan Islam dan Hubungan Internasional dan diikuti oleh mahasiswa Prodi Hubungan Internasional UINAM.

Pada sesi presentasi, Nur Luthfi Hidayatullah, S.IP., M.Hub.Int., dosen Hubungan Internasional UINSA mempresentasikan materi terkait berbagai mata kuliah di Prodi Hubungan Internasional UINSA yang bermuatan Integrasi Keilmuan Islam dan HI. Sebagai contoh, matakuliah Metodologi Integratif Hubungan Internasional membahas tentang bagaimana menggunakan perspektif Islam sebagai salah satu perspektif non-Barat dalam penelitian Hubungan Internasional. Selain itu, mata kuliah Gerakan Islam Transnasional membahas tentang berbagai organisasi sosial, politik, maupun filantropi Islam. Ada juga mata kuliah Industri Halal yang membahas tentang perkembangan industri halal di berbagai negara.

Berikutnya, sesi diskusi dipandu oleh Aspin Nur Arifin Rivai, S.IP., M.Si., Dosen Hubungan Internasional UINAM sekaligus Direktur ACIRS. Mahasiswa aktif bertanya tentang berbagai studi kasus Hubungan Internasional di dunia Islam, seperti terkait terorisme, krisis diplomasi Qatar, kondisi masyarakat Uyghur dan hubungan Tiongkok dengan rezim Taliban di Afghanistan. Kegiatan Lokakarya dan Pelatihan Metode Riset Penulisan HI UINAM tersebut akan dilanjutkan dengan sesi presentasi dan tanya jawab terkait berbagai topik lainnya seputar Hubungan Internasional selama dua minggu kedepan dengan pembicara dari berbagai universitas di Indonesia . (Luthfi)