Berita

Evaporasi 6.0 oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Evaporasi merupakan salah satu program kerja dari departemen seni dan olahraga, Evaporasi terdiri dari beberapa rangkaian acara, di dalamnya terdapat perlombaan seni yaitu Gambus, dan perlombaan olahraga yaitu Futsal, serta tak lupa pula terdapat games yaitu permainan tradisional Gobak Sodor. Evaporasi tahun ini merupakan Evaporasi 6.0 yang dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan pelaksanaan kegiatan ini pada tanggal 13 – 15 Oktober 2023 yang di ikuti oleh warga Teknik Lingkungan UINSA dan Mahasiswa Baru Program Studi Teknik Lingkungan UINSA tahun 2023.

Kegiatan Evaporasi 6.0 dimulai dengan melakukan pendaftaran yang dilaksanakan pada tanggal 10 – 11 Oktober 2023 dengan biaya dalam setiap lomba sebesar 50k per-angkatan. Kemudian pelaksanaan Technical Meeting pada tanggal 11 Oktober 2023 secara Offline pada pukul 17.00 – 19.00 WIB di ruangan 9.3 dan 9.5 lt 9 Gedung FST, Kampus II UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 2023 pukul 16.00 – 18.00 WIB dilaksanakannya lomba Gambus di ruangan 9.3 dan 9.5 lt 9 Gedung FST, Kampus II UIN Sunan Ampel Surabaya. Lomba Gambus ini merupakan perlombaan seni musik yang bergenre religi dengan perpaduan dari alat musik dari lomba seni Gambus ini diikuti dari env 8, env 9, dan juga dari Mahasiswa Baru Program Studi Teknik Lingkungan Tahun 2023 yang juga ikut meramaikan dari acara tersebut. Acara berlangsung sangat meriah dan lancar ditambah lagi dengan kekompakan dari Mahasiswa Baru Teknik Lingkungan 2023 yang menggunakan busana selaras berwarna hitam dengan persiapan penampilan yang telah mereka persiapkan.

Pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023 pukul 08.00 – 12.00 WIB dilaksanakannya perlombaan Futsal di lapang futsal Wadungasri. Futsal merupakan salah satu Olahraga yang diminati oleh warga Teknik Lingkungan khususnya para kaum laki-laki, di acara futsal ini diikuti banyak partisipan mulai dari env 7, env 8, env 9, dan Mahasiswa Baru Teknik Lingkungan 2023. Meriahnya perlombaan futsal ini adanya supporter dari Mahasiswa Baru Teknik Lingkungan 2023 yang memeriahkan pertandingan futsal tersebut. Perlombaan dimulai dengan pertandingan Mahasiswa Baru Teknik Lingkungan UINSA tahun 2023 dengan env 8, dilanjut pertandingan antara env 8 dengan env 9, kemudian dijeda dengan istirahat selama 2 menit. Pertandingan pun dilanjut dengan pergantian pemain, dilanjut pertandingan antara env 9 dengan Mahasiswa Baru Teknik Lingkungan UINSA 2023 lalu berlanjut env 7 dengan env 9. Hingga pada final pertandingan yaitu env 9 dengan env 7, dan akhir pertandingan di menangkan oleh env 9. Pada pertandingan futsal diberi waktu sebanyak 10 menit per- setiap angkatan dan terdapat peraturan pelanggaran yang telah di sepakati dari panitia Evaporasi 6.0.

Pada hari Minggu tanggal 15 Oktober 2023 pukul 08.00 – 12.00 WIB dilaksanakan perlombaan Gobak Sodor di lapangan umum perumahan Politeknik Penerbangan Siwalankerto Surabaya. Gobak Sodor merupakan permainan tradisional yang berasal dari Jawa, permainan tersebut banyak dikenal oleh masyarakat terutama Suku Jawa. Gobak Sodor ini dimainkan oleh 2 tim yaitu tim penyerang dan tim penjaga dengan jumlah 7-8 orang 5 pemain dan sisanya menjadi pemain cadangan. Permainan Gobak Sodor ini diikuti dari Mahasiswa Baru Teknik Lingkungan 2023, env 8 dan env 9 dalam mekanisme permainan Gobak Sodor ini diberi waktu selama 7 menit dengan peraturan jika tim penjaga dapat mengenai salah satu anggota tim penyerang maka tim penyerang yang tertangkap atau tersentuh dari tim penjaga akan mati, jika dari tim penyerang berhasil melewati garis belakang dan bisa kembali lagi ke garis depan tim penyerang maka akan mendapat 2 point, penentuan akhir jika terjadi hasil seri maka akan terhitung dari tim penjaga sudah mengenai berapa orang dari tim penyerang tersebut. Sesi dari penutupan acara Evaporasi 6.0 ini ditutup dengan pengumuman pemenang dari perlombaan Gambus, Futsal dan Gobak Sodor serta dokumentasi pada kegiatan Gobak Sodor ini.