UINSA Surabaya_ Sebagai usaha menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa mengenai produk wirausaha, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar bazar produk inovasi mahasiswa, mata kuliah inovasi dan kewirausahaan sosial, Senin, (20/06/2023).

Bazar ini merupakan implementasi tugas praktik bagi mahasiswa sosiologi yang mengambil mata kuliah wajib inovasi dan kewirausahaan sosial. Pada gelaran bazar ini, ada lima belas stand dengan jenis produk yang berbeda. Produk meliputi produk olahan seperti makanan dan minuman, dan produk jajanan lokal sesuai brand inovasi dan tema produk yang telah ditentukan secara mandiri oleh mahasiswa.

Menurut Siti Azizah, pengajar mata kuliah  inovasi dan kewirausahaan sosial, bahwa praktik inovasi produk dan pagelaran bazaar merupakan langkah awal untuk mempersiapkan lulusan sosiologi agar memiliki keterampilan, kemampuan, serta pengalaman di bidang wirausaha. Menurutnya, melalui praktik ini, mahasiswa diharapkan bisa trampil membuat brand produk, merintis bisnis, dan membuka peluang wirausaha.  

“gelaran bazaar ini sendiri diadakan dalam rangka mengimplementasikan teori-teori sosiologi yang telah diajarkan selama satu semester” ujarnya.

Selain dapat menumbuhkan keterampilan dan kemampuan inovasi produk, kegiatan ini juga dapat memberi pengalaman belajar mahasiswa mengenai keterampilan tentang teknik pemasaran produk secara manual maupun online, sekaligus menganalisis mengenai peluang wirausaha menggunakan hasil olah dari bahan dasar seperti pisang, singkong dll  .     

Sementara itu, mahasiswa-mahasiswa menjalankan praktik mengaku senang karena mendapatkan pengalaman mulai bagaimana membuat produk, tata cara pengolahan, pengemasan, hingga pelabelan yang marketable sesuai dengan kecenderungan pasar.

“saya senang karena banyak pengalaman mulai dari membuat produk, pengemasan, brand nama punya nilai jual” Tutur Rohma, mahasiswa sosiologi.

Sementara bagi mahasiswa, gelaran bazar ini memberi kesan bahwa kuliah di prodi sosiologi bukan hanya belajar tentang teori-teori, tetapi juga praktik di lapangan yang bisa menjadi pengalaman berharga dan sekaligus menambah pendapatan mahasiswa.

Hadir mendampingi praktik inovasi dan bazar penjualan produk, Ketua Program Studi Sosiologi, Dwi Stianingsih, Wakil Dekan I Iva Yulianti Umdatul Izzah, Wakil Dekan II, Aniek Nurhayati dan Wakil Dekan III, Moh. Syaeful Bahar.

(Irena)