Berita

Pusat Pengembangan Bahasa UINSA kembali menggelar Bimbingan Teknis dan Pengelola bagi Pengelola dan Tutor BIPA. Setelah sukses menggelar BIMTEK BIPA di tahun 2022, P2B UINSA kembali gelar Bimtek BIPA di UINSA, pada 20 – 21 Juni 2023. Kegiatan ini diadakan kembali dengan fokus dan target yang berbeda. Bimtek yang dilaksanakan di GreenSA Inn, Sidoarjo kali ini memfokuskan pada pematangan pengelolaan BIPA di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Hadir sebagai pemateri pembuka, Ketua APPBIPA Yogyakarta Dr. Ari Kusmiatun, S.Pd., M.Hum. Dihadapan peserta Bimtek yang berjumlah 16 orang, beliau banyak ‘nyangoni’ pengalaman empirik selama puluhan tahun bergelut di dunia ke-BIPA-an. Mulai dari hulu hingga hilir dijelaskan secara detail oleh dosen UNY tersebut tentang kurikulum BIPA beserta perangkat-perangkatnya. Antusiasme peserta tidak luntur dalam menyimak dan berdiskusi hingga berlalu tiga jam tanpa jeda.

Berikutnya, giliran Ketua APPBIPA Jawa Timur, Dr. Gatut Susanto dari UM yang berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada peserta BIMTEK. Beliau menjelaskan materi tentang “Inovasi Program untuk BIPA Rintisan di Universitas” memberi pancingan kepada peserta untuk menjelaskan terlebih dahulu tentang bagaimana kondisi BIPA UINSA selama ini. Selanjutnya, beliau pun kemudian menjelaskan tentang potensi-potensi yang bisa digali dari SDM maupun SDA yang dimiliki UIN Sunan Ampel Surabaya. Beberapa program juga disarankan untuk bisa dikembangkan meski baru dirintis.

Pada hari kedua, Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Dr. Mohammad Budiono, M.Pd.I menjelaskan perihal pedoman pembelajaran BIPA di UINSA. Setelah itu lalu dilanjutkan telaah Kurikulum BIPA UINSA yang dipandu oleh Koordinator Laboratorium Bahasa dan BIPA Dr. Taufiqurrohman, M.Pd.I. Seluruh peserta berperan aktif dalam dua sesi materi tersebut, melalui tanya jawab serta masukan demi masa depan BIPA di UINSA.

Menurut Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSA, Dr. Mohammad Budiono, M.Pd.I kegiatan ini bertujuan semakin mematangkan persiapan untuk menyambut mahasiswa asing di tahun 2023/2024. “Menurut International Office, akan ada gelombang mahasiswa asing yang akan masuk kampus ini dari jalur beasiswa. Maka kami berusaha menyiapkan dan memberikan pembelajaran terbaik bagi mereka, baik Intensif Arab, Intensif Inggris, dan BIPA tentunya. Kaitannya dengan BIPA, akan kami laksanakan dalam waktu dekat program kursus BIPA gratis secara online, menyusul program-program lainnya. Semua ini demi memajukan BIPA di UINSA.” Imbuh beliau dengan penuh semangat.