Berita

 

flyer seminar

Jumat, 17 November 2023, Dosen FSH UINSA menjadi narasumber pada pelatihan khusus international class program. Acara ini diselenggarakan di Fakultas Syari’ah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mulai pukul 13.00 WIB. Peserta dalam seminar ini hanya dibatasi sampai 35 peserta saja yang harapannya ilmu yang diberikan oleh pemateri dapat terserap dengan baik. Pelatihan ini bertajuk “How To Create A Critical Thinking Mind & Find Legal Issue.”

Seminar yang digelar secara luring tersebut menghadirkan narasumber yaitu yang luar biasa. Beliau merupakan Mukhammad Nur Hadi, S.HI., M.H., seorang dosen dari FSH UIN Sunan Ampel Surabaya. Pelatihan ini didesain untuk membekali para mahasiswa yang tidak terlepas dari dunia kepenulisan. Mahasiswa diajarkan cara berfikir kritis dan cara publikasi jurnal. Dalam konsepnya, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat publikasi mahasiswa.

Tak hanya itu, penerbitan jurnal juga dapat dijadikan salah satu opsi sebagai alternatif penyelesaian studi, menggantikan tradisi skripsi atau tugas akhir. Harapannya, mahasiswa dapat fokus pada penerbitan di jurnal bereputasi yang nantinya dapat memberikan dampak positif terhadap prestasi akademis mahasiswa. Mukhammad Nur Hadi, sebagai narasumber utama, membawakan materi dengan mendalam dan memberikan wawasan yang berharga kepada peserta.

Para peserta pelatihan terlihat penuh antusiasme dan semangat. Mereka diajak untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini tidak hanya menjadi momen pembelajaran, tetapi juga peluang untuk membangun koneksi dan kolaborasi antar mahasiswa. Gedung Fakultas Syari’ah UIN Malang menjadi saksi ketertarikan yang besar dari mahasiswa terhadap peluang publikasi ini.

“Meskipun sederhana, acara ini sudah selayaknya menjadi tradisi. Sehingga, kualitas keilmuan dan riset mahasiswa terus melesat,” ungkap Mukhammad Nur Hadi ketika memberikan pesan dan kesan pada akhir kegiatan. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan gelombang mahasiswa yang lebih aktif dalam berkontribusi pada dunia ilmiah.

Penerbitan jurnal juga dapat meningkatkan reputasi UIN Malang sebagai lembaga pendidikan yang menghasilkan sarjana yang tidak hanya kompeten. Tetapi mereka juga berdaya saing tinggi dalam kancah nasional bahkan internasional. Acara berjalan lancar dari awal hingga akhir. Sebelum sesi diakhiri, narasumber dan para peserta pelatihan melakukan foto bersama.