Mendapatkan gelar juara pada ajang lomba karya tulis ilmiah nasional tentu tak mudah karena dibutuhkan kegigihan, kemauan dan semangat yang tinggi untuk menulis suatu karya ilmiah yang baik.

Demikian yang dialami Dita Nisaul Hidayah, mahasiswa Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Ampel Surabaya yang berhasil meraih gelar juara harapan tiga pada ajang lomba karya tulis ilmiah nasional yang diadakan di Universitas Malikussaleh dari tanggal 10 Februari hingga 26 Mei 2023.

Dalam ajang menulis laporan karya ilmiah tersebut Dita Nisaul Hidayah memilih tema “mahasiswa dan kesiapan menghadapi dunia kerja”. Artikel yang ditulisnya itu berhasil membawanya lolos ke tahap enam besar. Sebelum akhirnya dewan juri menetapkan sebagai juara. Dita Nisaul Hidayah menceritakan bahwa sejak awal dirinya telah optimis dan yakin dengan topik yang ditulisnya untuk bisa bersaing dengan peserta dari perguruan tinggi lain.

 Menurut Dita Nisaul Hidayah, pada saat pendaftaran, seluruh peserta diwajibkan agar segera mengumpulkan karya terbaiknya dengan diberi jangka waktu pengumpulan sampai 20 Maret 2023. Pada tahap berikutnya penilaian dilakukan oleh dewan juri guna menentukan enam karya ilmiah yang layak. Setelah diumumkan masuk enam besar peserta yang lolos diminta untuk presentasi secara online di hadapan para dewan juri.

Sebelum mempersentasikan apa yang ditulis, Dita Nisaul Hidayah, secara konsisten dan terus menerus melakukan persiapan dengan belajar menciptakan sebuah tulisan yang mengandung nilai-nilai ilmiah dan menaraik dibaca. Begitulah jalan terjal yang harus dilalui Dita Nisaul Hidayah sebelum meraih juaria. Dirinya mengaku mempersiapan dengan matang dalam mengikuti lomba tersebut. Diantanya dengan melakukan persiapan secara mandiri dengan belajar melalui buku, jurnal dan ebooks, serta meminta bimbingan kepada dosen program studi sosiologi. Hal itu dilakukan karena di semester dua ini Dita Nisaul Hidayah belum mendapatkan mata kuliah metodologi penelitian. “jadi sumber materi yang saya dapatkan dari buku, jurnal, ebooks dll di internet, kemudian saya konsultasikan untuk  ddikoreksi oleh Kaprodi ” Ujarnya.

Dita Nisaul Hidayah mengaku sangat senang setelah diumumkan sebagai juara lantaran lomba karya ilmiah nasional yang diikutinya tersebut merupakan pengalaman pertamannya. “Alhamdulilah tentu sangat senang karena ini pengalaman saya membuat artikel dan bisa menang” tuturnya.

Sebagai mahasiswa yang hobi karya tulis ilmiah Dita Nisaul Hidayah berharap agar kedepan  bisa membuat artikel ilmiah yang lebih baik lagi. Karena menulis dapata membantu mengaktualisasi kemampuan akademik yang didapatkannya.

(andika)