Gunung Anyar, Surabaya — (31/05/2023) Program Pendampingan Submit Jurnal Internasional Bereputasi Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA telah dilaksanakan. Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dibuka pada sekitar pukul 09.50 pagi di auditorium, oleh Sri Hidayati L, SKM, M. Kes selaku MC acara.

Dihadiri kurang lebih 22 jajaran dekanat dan staf fakultas, acara dibuka dengan sambutan oleh Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi, Psikolog selaku Wakil Dekan II. Beliau menyatakan alasan mengapa mengundang dr. Flori Ratna Sari, Ph.D. dalam acara pendampingan submit jurnal ini.

“Kita semua tau bahwa dr. Flori telah malang melintang dalam penulisan jurnal di scholar atau website upload jurnal yang lain, semoga kita dapat termotivasi karena beliau”, pungkas Wakil Dekan II.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh dosen UIN Syarif Hidayatullah ini. Di dalamnya, beliau memberikan tipsnya dalam menulis. “Saya bisa menulis banyak jurnal bukan karena saya tidak pintar, tapi saya punya banyak akal bulus untuk melancarkan penulisan saya, rajin tapi pasti untuk menulis itu penting”, ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, beliau memaparkan strategi untuk menulis jurnal, antara lain:

1. Tentukan positioning dan visi misi

2. Rajin mengerjakan dan ciptakan jurnal baru

3. Publikasi sebagai indikator perlu regulasi

4. Perhatikan tren, big data, dan libatkan mahasiswa

5. Sinergi dengan alasan menulis

Pembicara dalam kesempatan ini memberikan motivasi kepada peserta dengan mengatakan, “Kegagalan atau hambatan yang didapatkan pada penulisan jurnal, jangan dibuat untuk stuck dan down. Tapi buatlah sebagai motivasi untuk berbenah ke depan.

“Menurut dokter umum yang berprofesi di Jakarta ini, kita jangan hanya terus-menerus melakukan penelitian, namun juga menghasilkan produk. Namun, konsistensi juga penting. Para penulis hebat setidaknya meluangkan waktu satu jam dalam sehari untuk menulis. Pilih me-time menulis tanpa memegang ponsel pada jam-jam tertentu dengan menyesuaikan jadwal masing-masing.

Acara yang dipenuhi wawasan baru ini ditutup pada sekitar pukul 12.25 siang, setelah sesi pertanyaan dengan hadiah saldo go-pay dari pembicara. Harapannya dengan terlaksananya acara ini dapat menjadi masukan untuk menulis dengan komitmen bersama. (MSH, AYD)