Berita

“CROKET” (Coffee gROund briKET) UINSA : Mahasiswa Bimbingan Arada Penyabet Medali Silver National Essay Competition (NEC) 2023

Tim Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan UINSA berhasil menyabet Medali Silver dalam National Essay Competition (NEC) 2023. Dalam tim yang bernama Ecotopia ini beranggotakan oleh M. Andi Ramadhan dan Berlian Aura Aprilia dari angkatan 2022.

NEC merupakan kompetisi karya tulis ilmiah nasional yang dilaksanakan di tingkat nasional. Kegiatan ini adalah event tahunan dari Nusantara Muda yang dimana tahun ini Nusantara Muda bekerjasama dengan Institut Pertanian (Stiper) Yogyakarta. NEC tahun ini menyongsong tema Optimalisasi Ide, Inovasi, dan Kreatifitas Generasi Muda dalam menyongsong Indonesia Emas 2045. Sub temanya sendiri meliputi Pertanian, Kesehatan, Pendidikan, Pariwisata & Budaya, Lingkungan, Pangan, Sosial & Ekonomi, dan Teknologi. Mahasiswa UINSA bimbingan ARADA dengan nama Tim Ecotopia bersaing di bidang Lingkungan dengan inovasi pemanfaat an limbah ampas kopi menjadi briket untuk mendukung Indonesia Emas 2045 pada sub pilar sumbangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan serta komitmen terhadap lingkungan.

Kompetisi ini terdiri atas beberapa tahapan seleksi diantaranya seleksi paper, babak final sub bidang, dan babak final dari semua sub bidang. 200 Karya dari berbagai Tim Karya Tulis seluruh Indonesia bersaing di tahap seleksi paper untuk mengisi 100 kursi finalis. Yang mana finalis ini akan datang langsung ke Institut Pertanian (STIPER), Yogyakarta pada babak final yang diselenggarakan pada 19 Maret 2023. Setelah bersaing ketat melalui tahapan seleksi paper dan menuju babak final, Tim Ecotopia besutan dari dua mahasiswa Teknik Lingkungan UINSA berkesempatan untuk mempresentasikan inovasinya terkait ”CROKET” (Coffee gROund briKET) Pemanfaatan Limbah Ampas Kopi Sebagai Briket Untuk Mendukung Indonesia Emas 2045. Tim Ecotopia berhasil menyabet salah satu dari dua medali silver pada bidang lingkungan setelah bersanding dengan 9 karya terbaik lainnya dari berbagai universitas bahkan sekolah yakni UNSRI, IPB, UNP, UNNES, UNSOED, dan UNRI.

Pencapaian ini merupakan pencapaian besar bagi kedua anggota Tim Ecotopia, akan tetapi pencapaian ini tak lepas dari hasil bimbingan kelas ARADA. Kelas bimbingan karya tulis yang di jalankan oleh 3 orang yakni Tri Sunan Agung , Belinda Shafa, dan Herdiyanto Putra Pratama. M. Andi Ramadhan, selaku ketua tim menyebutkan bahwa berkat bimbingan kakak– kakak tingkatnya tersebut dirinya beserta rekannya Berlian Aura Aprilia dapat meraih pencapaian tersebut. Selain itu Tim Ecotopia sendiri menjadi sebuah bukti bahwa tidak masalah jika kita tidak bisa atau tidak pintar selama kita berani mengambil langkah dan tidak takut belajar hal yang baru maka itu sendiri akan menjadi kunci mencapai keberhasilan.

Dengan pencapaian ini, diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa untuk lebih semangat dalam menambah ilmu pengetahuan dan mengembangkan inovasi-inovasi terbaru untuk kemajuan dan kesejahteraan negeri tercinta ini