Kontributor : Fathoni Hakim Pendamping PKM Internasional Fisip

Ada yang baru dari FISIP UINSA”. Begitu kira-kira ungkapan hati nurani saya, sepanjang perjalanan mengantarkan mahasiswa dari  bandara Internasional Juanda Indonesia hingga tiba di Selangor Malaysia. Inilah perjalanan mulia, mengantarkan para jihadis akademis untuk belajar, sekaligus mengabdi melakukan pendampingan kepada anak-anak migran Indonesia di negeri tetangga. Dengan modal yakin dan nawaitu, kami melepas mahasiswa, untuk mengembara melakukan pengabdian di negeri Malaysia.  

Ada yang baru dari FISIP UINSA. Setelah sukses membangun kerjasama Tri Dharma di tingkat nasional dengan berbagai mitra (Pemda, Kementerian Desa dan beberapa partai politik), kali ini, FISIP UINSA membangun kerjasama pengabdian masyarakat interasional dengan PCI NU Malaysia. Semua ini dilakukan dalam rangka komitmen FISIP dalam membackup kebijakan Rektor UINSA di bidang international exposure.

Terhitung mulai tanggal 21 Agustus s.d 18 September 2023 FISIP UINSA mengirim 19 mahasiswa untuk belajar sekaligus mengabdi pada masyarakat internasional di Selangor Malaysia. Mahasiswa tersebut terbagi kedalam 3 kluster, yakni (1) Pengabdian berbasis masyarakat muslim melayu (ahli karya) masjid dan surau di Malaysia, (2) pengabdian berbasis pesantren (An-Nahdloh), (3) pengabdian berbasis komunitas Indonesia yg berada di Malaysia.

Selama berkegiatan, mahasiswa tinggal di dua pemondokan (basecamp) yang berlokasi di Sungai Ramal Dalam, Selangor. Sehingga, secara teknis antara mahasiswa dan mahasiswi terpisah pemondokannya. Syukur alhamdulillah, mahasiswa tidak mengeluarkan biaya sewa untuk pemondokan, karena semua sudah disediakan oleh Haji Hakim bendahara PCI NU Malaysia

Setelah mengetahui kabar di atas, para duta FISIP di Malaysia terlihat sumringah, lebih-lebih penerimaan dan sambutan para nadzir masjid dan surau di sekitar Sungai Ramal Dalam, para tokoh komunitas Indonesia di Malaysia, semuanya terlihat hangat menyambut dan siap sinergi dengan program PkM internasional FISIP UINSA.

Tentu, semua nikmat anugerah diatas harus dibayar lunas dengan kesungguhan dan komitmen yang besar dalam mensukseskan PkM internasional ini. Selamat berjuang para duta FISIP UINSA di Malaysia. Sehat dan sukses selalu!