Berita

BUKA ASESMEN JPT PRATAMA 2024, INI PESAN SEKJEN KEMENAG RI

UINSA Newsroom, Senin (26/02/2024); Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag., bersama jajaran pimpinan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya meninjau langsung Pelaksanaan Makalah dan Asesmen Kompetensi dalam Rangka Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Tahun Anggaran 2024 di UINSA Surabaya pada Senin, 26 Februari 2024.

Bertempat di Ruang Amphitheater UIN Sunan Ampel Surabaya, acara ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26-29 Februari 2024.

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag RI dalam laporannya menyampaikan, bahwa tahapan seleksi terbuka dalam segi kompetensi teknis yaitu penulisan makalah, sedangkan bentuk asesmen sebagai penilaian manajerial dan sosial kultural.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., juga menyampaikan, bahwa UINSA sebagai salah satu kampus PTKIN terbaik di negeri ini merasa terhormat karena ditunjuk menjadi tuan rumah pada perhelatan asesmen kompetensi tahun ini.

“Sebuah kemuliaan sekaligus kehormatan yang diberikan oleh Pak Sekjen kepada kami, karena UIN Sunan Ampel Surabaya ditunjuk untuk menjadi tempat pelaksanaan rangkaian asesmen penulisan makalah dan seterusnya,” ujar Prof. Muzakki.

Rektor menyatakan kesiapan atas segala perintah dari Sekjen Kementerian Agama terkait pelaksanaan berbagai kegiatan selanjutnya di UINSA Surabaya. “Kami siap menunggu perintah berikutnya, kalo bikin acara asesmen macem-macem, acara kepegawaian. Kami siap melaksanakan karena semua itu diantaranya karena UIN Sunan Ampel Surabaya sudah difasilitasi secara lengkap oleh Kementerian Agama,” jelas Prof. Muzakki.

Sekjen Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Nizar, M.Ag., juga menyatakan bahwa berdasarkan Peraturan PAN RB Nomor 15 Tahun 2020 tentang seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi di lingkungan Kementerian yang menjelaskan tentang adanya seleksi terbuka tersebut dipergunakan untuk setiap orang yang sesuai dengan kualifikasi dan syarat dalam peraturan perundang-undangan.

“Seleksi terbuka ini dalam rangka menjaring potensi talenta-talenta yang profesional, punya integritas, punya kompetensi. Tiga kompetensi yang harus dimiliki oleh JPT Pratama yaitu kompetensi teknis dengan penyusunan makalah dan ujian wawancara, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural,” ucap Prof. Nizar.

Sekjen Kementerian Agama RI menyebutkan, bahwasannya panitia seleksi merupakan orang-orang yang memiliki kredibilitas tinggi dan integritas yang luar biasa. Diantaranya termasuk Sekjen Kementerian Agama, Dirjen Pendis, serta tiga orang dari luar yaitu Deputi Pengawasan BKN, Deputi Administrasi, dan Sistama PKP.

Di akhir arahannya, Prof. Nizar juga mengucapkan selamat kepada peserta yang telah lolos seleksi. Sekjen berpesan agar tidak menggunakan jalur yang tidak sesuai dengan serangkaian aturan proses seleksi, serta seluruh peserta harus bersikap tenang dan tidak panik selama proses seleksi berlangsung. (All/Humas)

Penulis: Salsa
Redaktur: Nur Hayati
Foto: MN. Cahaya
Highlight: Rian