Berita

Sidoarjo – (26/06/2024) 2nd International Conference on Psychology of Mental Health, Religion, and Spirituality (2nd ICOPERS), sebuah ajang konferensi internasional dan wadah penuangan ide dalam bentuk yang diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) telah sukses terlaksana. Kendati demikian, kehangatan dan suasana antusias dalam acara tersebut tak luntur begitu saja, meninggalkan kesan mendalam tak hanya dari sisi dosen atau panitia penyelenggara, namun juga peserta.

Anindia Anya Putri, sebagai salah satu peserta dalam 2nd ICOPERS yang juga merupakan mahasiswa semester 5 program studi psikologi FPK, mengungkapkan kesan dan pesannya setelah mengikuti seluruh rangkaian 2nd ICOPERS, “Jujur, ada rasa bangga begitu baca nama kita tercantum sebagai author sebuah proceedings. Dan dari ICOPERS ini aku jadi lebih tertantang untuk bikin paper lagi ke depannya.” Tutur Anya setelah ia selesai mempresentasikan paper bersama rekan timnya.

Paper berjudul “The Influence of Sleep Quality and Emotional Stability on Adolescent Anxiety” yang disusun oleh Anya dan dua rekannya itu ia akui berangkat dari keresahan sebagai mahasiswa psikologi melihat banyaknya kasus kecemasan yang terjadi di kalangan remaja Indonesia saat ini. Dari papernya, ia menemukan keterkaitan antara permasalahan tersebut dengan kualitas tidur remaja yang tidak tercukupi sebagai akibat dari besarnya beban belajar dan kerja yang dihadapi remaja Indonesia dalam kesehariannya.

Mahasiswi yang juga merupakan anggota Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) ini amat bersyukur diberi kesempatan mengikuti 2nd ICOPERS yang mempertemukannya dengan narasumber-narasumber luar biasa, para guru besar dari universitas terkemuka. “Sama sekali nggak nyesel ikutan acara ini!” Tutupnya mengakhiri sesi wawancara.

Tak hanya mewadahi ide dan penelitian mahasiswa FPK UINSA saja, peserta the 2nd ICOPERS 2024 datang dari almamater yang beragam. Seperti paper berjudul “Every Saint Has A Past, Every Sinner Has A Future: Husnudzon, Belief in A Punitive God, and Belief in Klitih Offender Redeemability” yang disusun oleh mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), “Psikoedukasi “Quarter Life Crisis : Handling of the IMM Legal Supremacy Activist” dari tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan masih banyak lainnya.

Sebuah misi krusial bagi FPK UINSA untuk terus mendorong adanya kolaborasi bersama sekaligus saling berbagi tentang temuan riset dan informasi terbaru yang diwadahi dengan kegiatan call papers kali ini.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi