Berita
Bekali Masa Depan Mahasiswa: Fakultas Psikologi dan Kesehatan adakan Sertifikasi Kompetensi MSDM bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Surabaya – Seiring dengan perubahan aturan Menteri ketenagakerjaan yang menyatakan bahwa seluruh praktisi SDM di Indonesia harus sudah memiliki sertifikasi kompetensi SDM yang ditetapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia pada Juli 2019 yang lalu, yaitu Sertifikasi Kompetensi Wajib Jabatan Manajemen Sumber Daya Manusia, maka Fakultas Psikologi dan Kesehatan bekkerjasama dengan LSP MSDM Nusantara untuk melaksanakan Sertifikasi kompetensi SDM yang dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang dijadikan acuan oleh berbagai industri di Indonesia. 

Acara ini dilaksanakan di Auitorium Fakultas Psikologi dan Kesehatan mulai hari Rabu, 7 September 2022 sampai dengan hari Jumat, 9 September 2022. Acara pada hari pertama dimulai dengan pembukaan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si, Kepala Labratorium FPK, Rizma Fitri, S.Psi., M.Si., Kepala LSP MSDM Nusantara Iman N. Bajuasijadji, SH., MM. beserta seluruh jajarannya serta dosen FPK M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed., M.A sekaligus seluruh mahasiswa semester 7 sebagai peserta sertifikiasi kompetensi MSDM ini. 

Acara hari pertama diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan acara yang disampaikan oleh Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Dalam sambutannya beliau mengatakan pentingnya kegiatan sertifikasi ini, “Dalam beberapa hari ini kita harus focus pada kegiatan penting ini, karena hari ini seluruh industry tidak akan menerima pelamar pekerjaan apabila tidak memiliki sertifikasi kompetensi”, ujarnya. Kemudia acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua LSP MSDM Nusantara, bapak Iman N. Bajuasijadji, SH., MM. yang menyampaikan bahwasanya kegiatan kompetensi ini merupakan kebutuhan mahasisiswa saat ini, “sertifikasi kompetensi ini bukanlah hal yang mudah, tapi juga bukan hal yang sulit, maka kalian diharapkan focus dalam menjalankan sertifikasi yang merupakan kebutuhan dunia kerja saat ini”, ucapnya.  

Kamudian acara dilanjutkan dengan pembekalan yang dilaksanakan selama dua hari mulai pukul 07.30 sampai dengan pukul 18.00 setiap harinya. Pada hari terakhir yaitu Jumat, 9 September 2022 acara ditutup dengan pelaksanaan ujian sertifikasi kompetensi yang diadakan di Laboratorium Psikodiagnostik dan Auditorium Fakultas Psikologi dan Kesehatan. Dengan adanya kegiatan Sertifikasi Kompetensi MSDM ini diharapkan mahasiswa dapat menambah bekal menghadapi dunia kerja setelah menempuh Pendidikan di Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya.