Berita

Kamis, 4 Mei 2023 adalah hari ketiga diselenggarakannya acara AICIS 2023 di UIN Sunan Ampel Surabaya Kampus Ahmad Yani. Latar belakang acara ini adalah untuk mengimplementasikan prinsip Rahmatan Lil Alamin dalam semua aspek kehidupan. Di era saat ini, umat islam menghadapi tantangan baru dan kompleks. Hal tersebut perlu adanya pendekatan dengan cara yang tepat dan dapat diterima. AICIS 2023 hadir untuk merespon hal tersebut. 

Bapak Marli Candra, LLB (Hons)., MCL sebagai salah satu panelist AICIS 2023

Gambar 1. Bapak Marli Candra, LLB (Hons)., MCL sebagai salah satu panelist AICIS 2023

Marli Chandra LBB (Hons)., MCL selaku Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum menjadi salah satu panelis dalam kegiatan tersebut. Beliau membahas mengenai “Victim Precipitation, Stigma dan Ayat Pidana Seksual Dalam al-Qur’an.” Suasana ruang 703 K.H Mahrus Aly Lantai 7 terlihat begitu hangat.

Teori victim precipitation adalah salah satu teori yang membahas mengenai peran korban di dalam tindak kejahatan pidana. Fokus pengkajiannya adalah membahas ayat pidana yang ada di dalam kitab suci Al-Qur’an. Kasus pelecehan seksual merupakan sebuah permasalahan yang menjadi tantangan terbesar saat ini. Implementasi hukum di Indonesia mengenai kasus pelecehan seksual hendaknya harus bisa lebih dioptimalkan lagi untuk kedepannya.

Dalam kedudukan islam korban ditempatkan dalam posisi keadaan terdzolimi oleh karena itu korban wajib dilindungi. Diskusi yang hangat ini semakin meriah karena keaktifan para peserta dalam forum diskusi. Sesi tanya jawab berlangsung dengan pertanyaan kritis dari para peserta. Baik dari kalangan akademisi dan mahasiswa terlihat antusias mendengarkan pemaparan materi dari panelis.