Berita

FDK UINSA NEWSROOM, Kamis (04/05/2023); Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag kembali menggelar perhelatan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) secara langsung pada 2-5 Mei 2023 di UIN Sunan Ampel Surabaya. AICIS 2023 di buka langsung oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. AICIS kali ini hadir dengan mengangkat tema “Recontextualizing Fiqh for Humanity and Sustainable Peace”.

            AICIS merupakan agenda besar yang di prakarsai oleh kementrian agama indonesia yang diikuti oleh beberapa rangkain acara, salah satunya ialah AICIS Expo. AICIS Expo hadir sebagai pemeriah acara yang diikuti oleh beberapa perwakilan PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam) serta lembaga lainnya dengan memamerkan produk ataupun karya inovasi. AICIS Expo juga berlokasi di UIN Sunan Ampel Surabaya.

            Total sekitar 20 lebih booth yang hadir dalam memeriahkan acara ini. Mulai dari Bank Jatim Syariah, Bank BTN, Bank Muamalat, Sevima, IAIN Kediri, IAIN Kendari, IAIN Bone, IAIN Cirebon, UIN Banjarmasin, UIN Tulungagung, Badan Litbang Kemenag, UINSA Bookstore, UMKM Pusbisnis, serta lain sebagainya.

            Produk ataupun karya inovasi yang dipamerkan antara lain seperti buku, jurnal, kerajinan tangan, merchandise, serta program-program dari lembaga diluar PTKI. Produk yang dipamerkan berasal dari karya dosen, mahasiswa, maupun karya masyarakat umum. Beberapa produk yang unggul dalam AICIS Expo ini diantaranya seperti buku, kerajinan tangan, serta merchandise.

            “Terselenggaranya AICIS Expo memberikan banyak manfaat, salah satunya sebagai pengenal PTKI kepada masyarakat, lalu juga sebagai penyalur kerajinan masyarakat yang ditampilkan pada expo kali ini, intinya memang sebagai pengenal, ini loh kita dari pihak PTKI memiliki produk ini” tutur Fatikha selaku koordinator stand dari IAIN Kediri.

            “Tak hanya sebagai pengenal, AICIS Expo tentu menjadi sebagai pendorong bagi inkubator PTKI agar lebih baik, dan tentunya sebagai pemeriah acara AICIS” sambung Teguh selaku koordinator Pusat Bisnis (Pusat Bisnis) Uinsa.

            Sebagai pemeriah acara, AICIS Expo tentu menarik perhatian dari berbagai kalangan yang hadir dalam perhelatan AICIS. Tidak sedikit dari dosen, tamu undangan, maupun mahasiswa ramai mengunjungi AICIS Expo. Di sisi lain dalam menarik pengunjung, salah satu Expo dari IAIN Kediri memiliki konsep menarik yakni memberi sebuah buah tangan bagi siapa saja yang mampir untuk melihat-melihat maupun bertanya-tanya mengenai Expo dari IAIN Kediri.             Fatikha juga menambahkan “Kedepannya AICIS Expo mungkin bisa semakin ditingkatkan, semakin banyak lagi PTKI yang memeriahkan agar bisa tetap menjaga keeksistensian PTKI, dan semakin banyak lagi peserta yang antusias dengan adanya AICIS termasuk AICIS Expo.”

(Rahmatus Zahro dan Lailatul Fitriyah)