Agenda

Selasa, 24 Januari 2023, acara Praktik Kemahiran Hukum (PKH) 2023 berlangsung dan Mahasiswa/i Semester 6 Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) terlihat antusias. Kegiatan tersebut bertempat di Auditorium Lantai 4 Gedung KH. Syafi’i A. Karim Kampus Ahmad Yani. Dengan menggunakan seragam formal hitam-putih acara ini dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan III FSH yaitu Dr. H. Mahir, M.Fil.l.

Pembukaan Praktik Kemahiran Hukum Reguler Tahun 2023
Pembukaan Praktik Kemahiran Hukum Reguler Tahun 2023

Kegiatan PKH merupakan salah satu agenda wajib yang rutin setiap tahun diadakan oleh FSH UINSA. Mahasiswa/i Semester 6 harus siap mengikuti kegiatan ini, berfungsi untuk memenuhi nilai Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Dalam Pembukaan PKH 2023 ini, seluruh peserta dibekali dengan materi penting. Materi keilmuan Kemahiran Hukum yang diterima oleh mahasiswa/i Semester 6 yaitu Penyusun Produk Hukum, Bantuan Hukum, dan Meditasi. Peserta dapat memperkaya materi keilmuan dari luar perkuliahan melalui kegiatan ini. Dengan ada kegiatan seperti PKH dapat mendekatkan diri peserta kepada konsep perkuliahan dan praktek dilapangan. Selain kegiatan ini berlangsung nantinya, peserta akan mengikuti kegiatan Praktik Peradilan Agama sebagai kegiatan praktik lanjutan.

Para Peserta Telihat Begitu Antusias Dalam Mendengarkan Materi Yang Disampaikan Oleh Pemateri

PKH bisa dijadikan sebuah sarana bagi peserta supaya bisa lebih mengenal dan menguasai kegiatan yang terjadi di lapangan nantinya. PKH tidak hanya sekedar penyampaian teori. Tetapi peserta juga dituntut untuk bisa menguasai, bagaimana cara menyusun prosedur. Hal ini, termasuk dalam kegiatan sehari – hari yang pekerjaannya berkaitan dengan hukum. Dengan adanya kegiatan ini, peserta bisa menghasilkan produk hukum yang berkualitas, seperti bagaimana cara menyelesaikan hukum, dan memberikan layanan bantuan hukum yang tepat.

Ujian Materi PKH FSH UINSA 2023

Setelah memperoleh pemahaman materi, para peserta akan diuji materi dengan mengerjakan ujian secara online. Sehingga panitia dan pemberi materi dapat mengukur keberhasilan penyampaian materi PKH kepada para peserta. Jika peserta bisa mengerjakan dengan baik maka peserta secara materi siap untuk mengikuti kegiatan dilapangan. Tetapi, peserta memperoleh nilai yang tidak baik maka peserta harus meluangkan waktu lebih untuk memahami materi tersebut. Kemudian, berdoa supaya pemahaman tersebut bisa dipraktek ketika dilapangan.

Para Peserta Terlihat Begitu Fokus Dalam Mengerjakan Ujian
Para Peserta Terlihat Begitu Fokus Dalam Mengerjakan Ujian Materi

Harapannya, semoga seluruh peserta bisa menyerap ilmu yang telah disampaikan oleh pemateri dengan baik. Agar nantinya bisa membawa manfaat. Seluruh peserta kedepannya harus bisa aktif dalam mengimplementasikan apa yang sudah diajarkan di kampus sebelumnya. Peserta bisa lebih siap dilapangan nantinya.