Berita

Senin, 16 Januari 2023 bertempat di Auditorium UIN Sunan Ampel Surabaya Kampus Ahmad Yani, dilaksanakan pembekalan sebelum melakukan praktik magang di Pengadilan Agama (PA) oleh seluruh mahasiswa/i Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Acara pembekalan ini dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama mulai pukul 08.00 – 11.45 WIB dan gelombang kedua mulai pukul 12.45 – 16.30 WIB. Acara diawali dengan registrasi para peserta dan pretest kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC).

Kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Muhammad Ali Muzakki pada gelombang pertama dan Muhammad Muhibin Asshofa pada gelombang kedua. Acara selanjutnya seluruh peserta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA. Setelah itu, ada laporan dari Kepala Laboratorium FSH. Sebelum memasuki acara inti tak lupa juga Dr. Hj. Suqiyah Musafa’ah, M.Ag. selaku Dekan FSH UINSA menyampaikan sepatah dua kata sambutan.

Pembekalan Praktikum Peradilan Agama (PA)
Pembekalan Praktikum PA – Qiroah

Materi Pembekalan PA

Setelah sambutan dari Ibu Dekan, maka dilanjutkan penyampaian materi I Kewenangan PA yang disampaikan oleh Dr. H. Ahmad Zaenal Fanani, S.H.I., M.Si. pada gelombang pertama dan Dr. Hj. Nurul Maulidah, S.Ag., M.H selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Malang pada gelombang kedua. Penyampaian materi II Pembuatan Laporan Praktik Peradilan Agama yang disampaikan oleh Daman Huri, M.Hum. pada gelombang pertama dan Moh. Bagus, M.H. pada gelombang kedua. Seluruh peserta terlihat begitu antusias dalam menerima materi.

Pembekalan Praktikum PA - Suasan Fokus dan Tenang
Pembekalan Praktikum PA – Suasan Fokus dan Tenang

Setelah penyampaian materi oleh para narasumber, acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian post-test kepada seluruh peserta untuk menguji seberapa jauh pemahaman yang telah peserta tangkap dari materi yang telah disampaikan sebelumnya. Acara kemudian disambung dengan menyanyikan Lagu Bagimu Negeri oleh panita. Acara berjalan dengan tertib dan penuh khidmat dari awal hingga akhir. Kemudian di akhir acara adalah doa dan penutup. Pembekalan Praktik PA bagian agenda rutin FSH UINSA kepada seluruh mahasiswa/i untuk memperdalam kompetensinya untuk menjadi seorang praktisi hukum. Agenda ini merupakan progam wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa/i semester 5 FSH UINS

Harapannya, setelah adanya Pembekalan Praktik Pengadilan Agama seluruh peserta bisa memahami dan menerapkan dengan baik apa yang sudah disampaikan sebelumnya ketika sudah terjun ke Pengadilan Agama secara langsung. Mahasiswa/i FSH UINSA harus sanggup untuk membekali dirinya dengan banyaknya potensi dan peluang yang ada agar setelah selesai magang di Pengadilan Agama bisa memanfaatkan pengalaman dan ilmunya dengan semua potensi-potensi yang tentu saja bisa dimaksimalkan lebih lanjut untuk kedepannya.