News

Upaya penguatan potensi intelektual dosen adalah kerja-kerja yang berkelanjutan, apalagi bila dihadapkan dengan penguatan penguasaan materi pengajaran yang memang menjadi ciri khas Fakultas dan Jurusan. Semangat itu yang kemudian mendorong 8 dosen Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya, selanjutnya disebut FAH, diberangkatkan untuk Sekolah Filologi, yakni mengikuti pelatihan kaitan dengan filologi dan pernaskahan Nusantara di Fakultas Ilmu Budaya UI Depok, Batch 1 dilaksanakan pada tanggal 12 hingga 13 Agustus dan Batch 2 pada tanggal 2 hingga 3 September 2024.

Keberangkatan ini mengandaikan harapan besar agar SDM dosen terus mengalami perkembangan kaitannya dengan manuskrip dan filologi. Pasalnya, pilihan FIB UI banyak ahli filolog kesohor dan pengalamannya sangat luas kaitannya dengan pernaskahan Nusantara. 3 dosen yang ikut Batch 1 adalah Himmatul Khoiroh, M.Pd, Moh. Atikurrahman, MA, dan Iin Nur Zulaili, MA. Sedangkan di batc2 2, 5 dosen yang ikut antara lain Dr. Hj. Muzaiyana, M.Fil.I, Hj. Rochimah, M.Fil.I., H. Fathin Masyud, Lc., M.H.I, Dr. Imam Ibnu Hajar, M.Ag., dan Dr. Wasid, M.Fil.I.

Selama di FIB UI Depok, dosen-dosen dipertemukan dengan para pegiat manuskrip Nusantara dari berbagai daerah di Indonesia dan dari profile yang berbeda-beda. Dengan keragaman peserta ini menurut salah satu dosen, Ibnu Hajar, menunjukkan betapa minat terhadap pengetahuan filologi sangat besar dikalangan akademisi dan pemerhati manuskrip mengingat ia berkaitan juga dengan jati diri dan budaya bangsa. Pasalnya, mereka mengikuti acara ini bukan hanya berasal dari kampus saja, tapi juga dari lembaga-lembaga lain yang memiliki kepedulian terhadap manuskrip; mulai pemeliharaan, digitalisasi hingga manuskrip ditempatkan sebagai obyek kajian filologi.

Sementara itu, para pemateri yang merupakan pakar filologi dan pernaskahan Nusantara terlibat memberikan support dan pengalamannya dalam melakukan penelitian, sekaligus pendampingan kepada masyarakat dalam rangka agar selalu mencintai manuskrip sebagai budaya bangsa. Beberapa pemateri yang hadir adalah: Prof. Dr. Oman Fathurahman, M.Hum., Prof. Dr. Titik Pudjiastuti, M.Hum. Dr. Munawar Holil, M.Hum., Agung Kriswanto, M.Hum., dan  Priscila Fitriasih Limbong, M.Hum., dan juga Aditya Gunawan, Ph.D.

Di samping agenda mengikuti pelatihan filologi, rombongan dari FAH UINSA melakukan pertemuan khusus dengan pimpinan FIB UI dalam rangka penjajakan kaitan kemungkinan melakukan kerjasama pengembangan akademik dan penelitian, baik bagi peningkatan para dosen atau mahasiswa, yang difasilitasi pimpinan FIB UI Prof. Manneke Budiman, Ph.D. dan Dr. Untung Yuwono. Sambutan keduanya sangat terbuka, tergantung pada wilayah mana yang harus dikerjasamakan antar kedua lembaga.

Ibu Dr. Hj. Muzaiyana selaku perwakilan pimpinan Fakultas dalam rombongan berharap bahwa kegiatan ini tidak selesai di pelatihan seperti ini saja sehingga harus diteruskan dalam rangka pengembangan penelitian filologi dan manuskrip, termasuk penguatan pengetahuan teori dan praktik kepada mahasiswa kaitan dengan pernaskahan Nusantara.