Berita

Prof. Dr. Kunawi, M. Ag yang lahir pada tanggal 18 September 1964 mendedikasikan pendidikan hingga karirnya kepada UIN Sunan Ampel Surabaya yang dulunya bernama IAIN Sunan Ampel Surabaya. Hal ini dimulai sejak S1 pada 1984-1989 di IAIN Sunan Ampel Surabaya dengan jurusan Perbandingan Agama, Fakultas Ushuluddin. Ia lalu melanjutkan S2 pada 1999-2001 di IAIN Sunan Ampel Surabaya dengan berfokus pada Pemikiran Islam. Selanjutnya ia menempuh pendidikan terakhirnya, S3 pada 2011-2014, di kampus yang sudah berubah menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya dengan konsentrasi Dirasah Islamiyyah. Ia menyelesaikan program doktor dengan disertasi yang berjudul “Harmoni Sosial dan Masyarakat Multi-Kultural: Studi Kontruksi Sosial dan Kerukunan Umat Beragama Islam-Hindu di Denpasar Bali”. Saat ini Prof. Kunawi menjadi Guru Besar Antropologi Agama yang sangat beliau kuasai bidangnya.

Pengabdian Prof. Kunawi kepada UIN Sunan Ampel Surabaya terbukti dari karirnya sepanjang kurang lebih 33 tahun menjadi akademisi di UIN Sunan Ampel Surabaya khususnya Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Karirnya dimulai menjadi Staf Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ushuluddin (1991), Staf Jurusan Perbandingan Agama (1995-1998), Sekretaris Jurusan Perbandingan Agama (1998-2001), Ketua Jurusan Perbandingan Agama (2001-2009), Pembantu Dekan II Fakultas Ushuluddin (2009-2013), Ketua Jurusan Studi Agama Agama (2013-2018), Dekan Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (2018-2022), hingga menjadi Ketua National Center for Civic Education. Dengan ini Prof. Kunawi menjalani komitmennya yang baik kepada UIN Sunan Ampel Surabaya hingga saat ini.

Pengabdian Prof. Kunawi juga ditunjukkan melalui pengajaran kepada mahasiswa dalam Mata Kuliah Antropologi Agama, Agama dan Budaya Lokal, Gerakan Ideologi Keagamaan, Metodelogi Penelitian, Pancasila, hingga Kewarganegaraan. Beliau juga menjadi dosen untuk mahasiswa S2 dan S3. Beliau sangat disegani oleh para mahasiswa yang pernah beliau ajar, karena beliau banyak memberikan teori yang memperkaya khazanah pengetahuan mahasiswa.

Prof. Kunawi menjadi salah satu dosen terbaik di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat karena sudah banyak hal yang beliau tulis dan publikasikan baik di tingkat nasional maupun internasional. Karya-karyanya pun telah dipresentasikan di berbagai forum lokal maupun internasional di Malaysia, Singapura, Thailand, China, Australia, India dan Jerman.

Dalam mendukung kinerja sebagai akademisi Prof. Kunawi mengikuti berbagai pelatihan untuk memperoleh berbagai ilmu yang didapati dari pelatihan tersebut seperti halnya Diklat Penelitian (1999), Workshop Desain Course (2001), Workshop Pembelajaran Civic Education (2001, 2003, 2007), Workshop Peningkatan Mutu Dosen (2004), Workshop Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi  (2008), Training of Trainer oleh IASTP Indonesia-Australia (2008), dan Shourt Couse Higher Education Management and Leadership Program at Murdoch University Perth Western Australia (2011).

Prof. Kunawi juga salah satu dosen yang paling mengerti terhadap setiap mahasiswanya. Sebagai salah satu mahasiswa beliau, saya mengakui segala pemaparan beliau yang ada di kelas sangat mudah dipahami, dan beliau juga selalu mau mendengar dan menjawab segala pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa. Pengabdian Prof. Kunawi dapat dijadikan contoh bagi mahasiswa-mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Dengan dedikasi tinggi Prof. Kunawi menjalani pendidikan S1 hingga menjadi Guru Besar Antropologi Agama sembari terus mengharumkan nama kampus tercinta UIN Sunan Ampel Surabaya. (Nur Lailatus Solikhah)