Berita

WASPADAI GEJALA PENYAKIT, WARGA KAMPUS IKUTI SKRINING KESEHATAN DI KLINIK PRATAMA UINSA SURABAYA

Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama, Klinik Pratama UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tidak hanya melakukan pelayanan kuratif berupa pemeriksaan dan pengobatan, tetapi juga memberikan layanan promotif dan preventif.   Hari ini, Rabu, 07 Februari 2024 Klinik Pratama UINSA menggelar kegiatan skrining kesehatan terintegrasi bersama puskesmas Jemursari sebagai puskesmas pembina.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini terhadap adanya gangguan kesehatan, melalui pemeriksaan status gizi melalui pemeriksaan berat badan, tinggi badan, dan lingkar perut, pemeriksaan tekanan darah, gula darah dan skrining kesehatan lainnya,” terang Dr. dr. Hj. Siti Nur Asiyah, M.Ag., Kepala Klinik Pratama UINSA Surabaya.

Disampaikan Kepala Klinik, skrining kesehatan yang diselenggarakan sejak pukul 08.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB ini diikuti sekitar 100 orang peserta. Terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyarakat sekitar kampus UINSA Surabaya.  Kegiatan ini, selain merupakan program kerja Klinik Pratama UINSA, juga mendukung program pemerintah pemerintah kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan Kota Surabaya. “Salah satunya dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit,” imbuh Dr. dr. Asiyah.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Kepala Klinik, kegiatan ini hanya mempersyaratkan peserta hadir dengan membawa foto copy KTP dan tidak dipungut biaya. “Harapannya, kegiatan ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan derajat kesehatan warga kampus UINSA dan masyarakat sekitar,” tukas Dr. dr. Asiyah.