Berita

Dalam upaya mendukung penjaminan mutu perkuliahan, Lembaga Penjaminan Mutu melalui Gugus Kendali Mutu pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menindaklanjuti arahan terkait program Audit Mutu berupa Monitoring dan Evaluasi (Monev) Perkuliahan yang dilaksanakan salah satunya di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Kegiatan monitoring dan evaluasi dilakukan pada Kamis (11/05) dan Jumat (12/05). Monitoring dan Evaluasi pada prodi Bahasa Inggris dilakukan oleh Afida Safriani, Ph.D pada kelas A Matakuliah Intercultural Communication and Cultural Awareness (ICCA) yang diampu oleh Fitriah, Ph.D sebagai dosen. Intercultural Communication and Cultural Awareness (ICCA) merupakan matakuliah untuk mahasiswa semester 6 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Monitoring dan Evaluasi dilanjutkan pada hari berikutnya di kelas yang kedua. Kelas B Matakuliah English Language Teaching Curriculum merupakan kelas pada Program Studi Bahasa Inggris yang dilakukan Monitoring dan Evaluasi oleh Gugus Kendali Mutu. English Language Teaching Curriculum merupakan matakuliah semester 4 yang diampu oleh Fahmy Imaniar, M.Pd.

Dalam proses monitoring dan evaluasi di kedua kelas tersebut, terdapat beberapa hal yang menjadi poin pantauan meliputi kesesuaian jadwal perkuliahan dan Rencana Pembelajaran, tingkat relevansi metode dan media yang digunakan, integrasi penelitian, pengabdian masyarakat, dan nilai-nilai keislaman pada proses pembelajaran. Selain itu, poin ain yang dimonitor dan dievaluasi adalah terkait pemberian umpan balik oleh dosen, pemberian penilaian dan tugas yang terukur dan relevan, pemakaian bahan ajar, keadilan di dalam kelas, pembawan diri dosen, dan kemampuan mendorong partisipasi aktif dan produktif mahasiswa.

Dengan dilakukannya Monitoring dan Evaluasi pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mewujudkan upaya penjaminan mutu pengajaran dan mendukung keterlaksanaan perkuliahan yang baik. Hal ini penting dalam memelihara ataupun meningkatkan kualitas pendidikan di UIN Sunan Ampel Surabaya.