Berita

Pendidikan Bahasa Inggris

Monday, 25 July 2022

Workshop Kolaboratif Seri 7 Usung Topik Media Digital untuk Pembelajaran Menulis

Melanjutkan enam seri sebelumnya yang telah banyak membekali peserta dengan topik-topik terkait pengembangan media untuk keterampilan menyimak, berbicara dan juga topik tentang kebahasaan dan budaya, pada Senin, 25 Juli 2022 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris kembali menggelar workshop seri 7 yang mengusung topik tentang media pembelajaran menulis.

Kegiatan yang masih dilakukan dengan moda daring melalui zoom ini diikuti oleh lebih dari 70 peserta dari berbagai kalangan, baik guru, dosen, umum maupun mahasiswa.

Dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Khoirul Yahya., S.Ag., M.Si., workshop kali masih merupakan hasil kolaborasi antara Prodi PBI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prodi SI Fakultas Sains dan Teknologi, Pusat Studi Literasi, Perpustakaan Pusat UIN Sunan Ampel Surabaya dan ikatan alumni Prodi PBI (CEDA).

Pada sesi pertama, narasumber Siti Asmiyah, dosen Prodi PBI menyampaikan tentang writing traits yang harus dimiliki pebelajar dan menjadi pertimbangan guru dalam mengembangkan media. Ketujuh traits tersebut adalah VIP COWS (Voice, Idea, Presentation, Convention, Organization of Idea, Word Choice dan Sentence Fluency). Selain ketujuh traits tersebut, media yang dikembangkan juga harus dapat memfasilitasi siswa dalam proses menulis, mulai dari pencarian ide, drafting, editing, hingga hasil akhir tulisan.

Keempat proses tersebut dapat dengan mudah difasilitasi dengan media digital yang menjadi fokus paparan dari narasumber kedua, Khalid, M. Kom, dosen pada Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi. Diantara aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu siswa pada proses pencarian dan pengorganisasian ide yang beliau contohkan adalah Xmind, Freemind, Simple mind, Coggle, Rationale dan beberapa aplikasi yang lain. Sementara untuk proses editing dapat menggunakan Grammarly, Gdoc, Whitesmoke dan Gingersoftware.