Berita

Wisuda UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya periode 105 dan 106 semester gasal 2023/2024 digelar pada hari Sabtu dan MInggu, 3-4 Februari 2024 yang diikuti sebanyak 816 dari total 1.623 Wisudawan. FTK terjadwal mengikuti prosesi wisuda pada hari minggu , 4 Februari 2024 .Adapun rician jumlah dari wisudawan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) 270 orang; Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) 208 orang; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) 170 orang; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 94 orang; dan Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) 74 orang.

FTK dengan jumlah wisudawan sebanyak 170 yang terdiri dari 32 wisudawan laki-laki dan 138 wisudawati perempuan. Dari sejumlah wisudawan yang dikukuhkan oleh Rektor UINSA pada hari itu, FTK mendapatkan penghormatan dengan ditetapkannya 2 (dua) wisudawan terbaik dalam bidang akademik yaitu Wisudawan Periode 105  Shandy Wirayuda, S.Pd dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Indah Rahayu, S.Pd wisudawan periode 106 yang juga berasal dari Prodi PAI. Keduanya meraih IPK tertinggi yaitu 3,99.

Selain itu, diberikan pula penghargaan kepada wisudawan berprestasi non akademik. Lagi-lagi wisudawan FTK raih prestasi non akademik diberbagai kategori diantaranya:

1. Kategori tahfidul Qur’an 30 juz  diberikan kepada:

  • Syarifah Nahdiyah, S.Pd Podi Pendidikan Agama Islam
  • Maslachatul Khusnia, S.Pd Prodi Pendidikan Bahasa Arab
  • Rika Miftahun Ni’mah, S.Pd Prodi Pendidikan Bahasa Arab
  • Syifaurrohmah, S.Pd Prodi Pendidikan IPA

2. Kategori Publikasi Artikel di Jurnal Bereputasi diberikan kepada Indah Rahayu, S.Pd Prodi Pendidikan Agama Islam sebagai Penulis Artikel dengan Judul “Penguatan Afektivitas Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Melalui Public Speaking Dengan Pendekatan Filsafat Etis Ibnu Miskawaih” yang rerpublish di Jurnal terakreditasi Sinta 2.

3. Kategori Olahraga, Seni dan Lainnya diberikan kepada Aisyah, S.Pd dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai Juara 2 Debat Bahasa Inggris pada OASE PTKIN se-Indonesia.

Indah Rahayu, S.Pd. menjadi satu-satunya Wisudawan dari FTK dengan dua prestasi sekaligus “Akademik dan Khusus”, bahkan secara khusus rektor mengundangnya untuk naik panggung bersama dengan Husein, S.Ag., Wisudawan FUF yang juga seorang influencer muda terkenal pada kesempatan ini. Sebagai penghargaan dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Indah Rahayu, S.Pd mendapatkan kesempatan melanjutkan Study Di Pascasarjana UINSA dengan full beasiswa dari UINSA.

“Hari ini kita belajar banyak dari prestasi sampean semua. Bagaimana kita diberikan contoh oleh Mbak Indah Rahayu, diberi contoh oleh Mas Husein tentang prestasi di bidang masing-masing,” ujar Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. “Jangan pernah menganggap prestasi hari ini adalah hasil jerih payah sendiri. Karena banyak orang terkasih yang terlibat di lingkungan dan sekitar kita semua,” imbuh Prof. Muzakki.

Atas nama civitas akademik FTK mengucapkan “selamat dan sukses” kepada semua wisudawan UINSA dan khususnya Wisudawan dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. (ftk)