Berita

Surabaya, 28 September 2024 – Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya sukses menyelenggarakan acara Welcoming Day yang menjadi ajang silaturahim antara pihak fakultas, tenaga kependidikan dan wali mahasiswa baru. Acara ini dihadiri oleh para dosen, tenaga kependidikan, serta wali mahasiswa baru.

Acara yang berlangsung di Auditorium FTK ini diawali dengan registrasi yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Para tamu undangan secara resmi memasuki ruangan pukul 08.00 dan Dekan FTK, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd. beserta jajarannya memasuki ruangan, diiringi dengan tarian tradisional yang memperkenalkan kekayaan budaya lokal kepada para hadirin.

Setelah prosesi pembukaan, acara dilanjutkan dengan menyanyikan Indonesia Raya dan Mars UINSA, yang menciptakan suasana penuh semangat kebangsaan dan keagamaan. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an menambah kekhidmatan acara, diikuti oleh sambutan dari Dekan FTK, Prof. Dr. H. Muhammad Thohir, S.Ag., M.Pd. Beliau menyampaikan visi-misi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta pentingnya peran dalam membentuk generasi pendidik yang berkompeten dan berintegritas tinggi. “Bahwa bukan semata-mata menandai awal proses akademik putra-putri kita, tetapi welcoming day diadakan untuk menyambut bapak-ibu semuanya. Karena kampus ini semua pimpinan menyadari, bahwa pendidikan itu merupakan investasi jangka panjang dunia dan akhirat.” ujar Prof. Thohir.

Selain itu, acara juga diisi dengan pengenalan lebih lanjut mengenai struktur kepemimpinan di FTK, mulai dari kalangan pimpinan, hingga Koordinator Bidang Konseling yang memaparkan tentang pentingnya layanan konseling bagi kesejahteraan mahasiswa di kampus. Hal ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam menghadapi tantangan akademik dan kehidupan sehari-hari.

Sesi berikutnya menghadirkan pembicara dari Program Student Mobility serta Pusat Pengembangan Karir dan Kesejahteraan Mahasiswa yang bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa terkait kesempatan pertukaran pelajar dan pengembangan karir di masa depan.

Sebagai penutup, acara dilengkapi dengan sambutan dari Rektor UINSA melalui tayangan video yang memberikan motivasi dan arahan kepada para wali mahasiswa baru. “Niat yang tulus dari putra-putri kami, tolong layani dengan baik, mudah-mudahan menjadi buah keberkahan kepada putra-putri kami.” ujar salah satu perwakilan wali mahasiswa baru.

Dengan terselenggaranya acara Welcoming Day ini, diharapkan mahasiswa baru FTK UINSA beserta wali mahasiswa dapat semakin memahami peran dan tanggung jawab mereka selama menempuh pendidikan, serta mampu memanfaatkan berbagai fasilitas dan layanan yang disediakan untuk mendukung kesuksesan akademik dan pribadi. (ndfh/awl/frh)