Berita

Surabaya — (19/09/2024) Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) melaksanakan kegiatan Review Borang Pendirian Program Studi (Prodi) Magister Kesehatan Masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 2 Kampus Gunung Anyar dan dihadiri oleh Dr. phil. Khoirun Niam, selaku Dekan FPK; Dr. Suryani, S.Psi. M.Si., selaku Wakil Dekan I; Tim Penyusun Borang; serta Cecep Heriana, SKM.,MPH.,Ph.D., selaku perwakilan Divisi Penjaminan Mutu dan Akreditasi dari AIPTKMI (Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Sesehatan Masyarakat Indonesia) yang berkesempatan untuk menyempurnakan proposal pendirian prodi baru ini.

Borang pendirian ini menjadi dokumen penting sebagai dasar pertimbangan dalam turunnya izin pembukaan Prodi Magister Kesehatan Masyarakat di FPK UINSA. Proses review ini merupakan upaya memastikan bahwa proposal yang disusun telah memenuhi standar akreditasi dan kualifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah, termasuk dalam hal kurikulum, tenaga pengajar, sarana-prasarana, serta tata kelola yang sesuai dengan visi dan misi universitas. Selain itu, evaluasi terhadap ketersediaan sumber daya manusia, fasilitas pendukung, serta rencana strategis untuk menjalin kerja sama dengan institusi kesehatan baik nasional maupun internasional menjadi bahasan penting pada kegiatan kali ini.

Dekan FPK menyatakan optimisme terhadap keberhasilan pendirian prodi ini, “Kami percaya bahwa program ini akan memberikan kontribusi besar dalam mencetak lulusan yang kompeten dan siap berperan dalam memecahkan berbagai masalah kesehatan masyarakat yang kompleks.” Setelah tahap review ini, tim penyusun akan segera melakukan revisi akhir borang pendirian Prodi Magister Kesehatan Masyarakat sebelum diunggah pada Sistem Informasi dan Administrasi Guru Agama (SIAGA) .

Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, diharapkan program studi ini dapat segera dibuka dan menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran mendatang. FPK UINSA terus berupaya untuk mengembangkan program-program akademik yang unggul dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan industri sebagaimana UINSA merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang berkomitmen dalam pengembangan pendidikan dan penelitian di berbagai bidang, termasuk kesehatan masyarakat.

Writer: Cahaya Kamila Ashari
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi, Najwa Laska Halqi