Berita
VISITASI LABORATORIUM MENJADI AGENDA PERTAMA ASESMEN LAPANGAN AKREDITASI LEMBAGA PEMERIKSA HALAL (LPH) UINSA

Rabu, 31 Agustus 2022 menjadi sejarah pertama Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN Sunan Ampel Surabaya melewati proses Asesmen Lapangan Akreditasi. Akreditasi LPH ini dilakukan dalam rangka Akselerasi Transformasi Layanan Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal Tahun 2022 terkait Layanan Akreditasi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) oleh BPJPH. Bertindak sebagai Asesor adalah 1. Prof. Fredy Kurniawan (ITS) sebagai Asesor Teknis 2. M. Arif Iqbal (Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten) sebagai Asesor Syariah, dan 3. Ika Arlina Prabowo (Badan Standardisasi Nasional) sebagai Asesor Teknis. Agenda pertama adalah kunjungan fasilitas laboratorium penunjang Lembaga Pemeriksa Halal.

Agenda Visitasi Fasilitas Laboratorium Penunjang LPH UINSA

Ada hal yang menarik saat Asesmen Lapangan dilakukan. Prof. Setiyo Gunawan (ITS) yang bertindak sebagai Dewan Pengarah Tim Akreditasi BPJPH, mengemukakan kekaguman atas Fasilitas Laboratorium Penunjang Halal yang dimiliki oleh UIN Sunan Ampel Surabaya. “Yang saya bayangkan, UINSA ini adalah tempat mengaji dan beribadah para mahasiswa berkopyah. Namun senyata tidak hanya demikian, UINSA ternyata mampu mengambil bagian Riset Sains dan Teknologi dengan Fasilitas Laboratorium yang dimiliki ini.” Ditambah dengan Inovasi yang dimiliki oleh Laboratorium Penunjang halal UINSA ini, Prof Setiyo mengungkapkan pendapatnya bahwa ITS akan mengadaptasi Inovasi yang ada. Inovasi tersebut terletak pada stiker berupa Barcode yang dipasang pada setiap alat Laboratorium. Ketika di scan barcode, akan ditujukan pada halaman drive yang berisi Standar Prosedur Operasional atau Instruksi Kerja Alat, hingga Video Cara Penggunaan Alat. Inovasi menjadi Budaya Kerja Pimpinan UIN Sunan Ampel Surabaya. Senada seirama dengan Visi tersebut, Laboratorium FST UINSA juga akan senantiasa mengembangkan Inovasi demi kemajuan berkelanjutan.

Asesor Mencoba Scan Barcode Alat

Kesan hari pertama Asesmen Lapangan Akreditasi LPH UINSA mendapatkan respons positif dari Para Dewan Asesor. Berbagai persiapan telah dilakukan secara matang oleh Tim Laboratorium FST UINSA. Mulai dari kesiapan Dokumen hingga Running Alat penunjang Pengujian Halal. Agenda hari berikutnya adalah cek kelengkapan dan verifikasi dokumen LPH UINSA. Semoga LPH UINSA dapat terakreditasi maksimal dan segera beroperasi. Laboratorium FST UINSA berkomitmen untuk memberikan porsi prioritas dalam Pengujian Halal oleh LPH UINSA. Laboratorium FST UINSA, Smart Inovation. (red/YR)