Berita
Gunung Anyar, Surabaya (02/05/2024) — Dalam rangka menyamakan persepsi dan merencanakan langkah-langkah strategis dalam pelaksanaan Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), jajaran dosen Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) melaksanakan Rapat Evaluasi dan Bimtek MBKM.

Bertempat di Auditorium FPK, Rapat Persiapan Evaluasi dan Bimtek magang MBKM turut melibatkan Dr. Suryani, S.Ag., S.Psi., M.Si. selaku Wakil Dekan I FPK, Dr. S. Khorriyatul Khotimah, M.Psi., Psikolog selaku Wakil Dekan II, serta jajaran dosen FPK yang ikut dalam proses penyiapan mahasiswa magang MBKM.

Dari hasil rapat, ditemukan dua hal yang perlu mendapat perhatian, yakni: beban kerja mahasiswa yang berlebih, serta kurikulum dan implementasi program magang yang belum memenuhi target. Setelah satu semester Magang MBKM dilaksanakan, dijumpai beberapa kasus mahasiswa mendapatkan beban kerja yang melebihi kapasitas seorang mahasiswa magang.

Berikutnya, terkait kurikulum dan implementasi program magang yang dilaksanakan, masih terdapat beberapa mahasiswa yang belum sepenuhnya menjalankan kurikulum dan program yang telah dirancang. Hal ini dimungkinkan karena kurang adanya kesiapan dari mahasiswa dalam melaksanakan magang MBKM. Untuk itu, diperlukan adanya pembahasan yang lebih mendalam terkait perbaikan dalam perencanaan dan pelaksanaan magang.

Selain dua hal di atas, dalam rapat juga disinggung terkait perlunya dilaksanakan evaluasi internal sebagai upaya mengidentifikasi masalah selama pelaksanaan Magang MBKM ini dilaksanakan. Dari hasil evaluasi internal tersebut, nantinya diharapkan akan ada temuan-temuan masalah sebagai bahan perbaikan.

Melalui kegiatan rapat hari ini, jajaran dosen berharap akan adanya kesamaan persepsi dalam menampung setiap masukan dan keluhan mahasiswa peserta magang untuk selanjutnya dapat diupayakan solusi konkret dan langkah-langkah strategis untuk mengatasi setiap masalah yang ada.

Writer: Septi Nur Azizah
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi