Berita

@adminuinsa

Monday, 21 February 2022

UINSA-UiTM MALAYSIA RESMI GELAR KERJASAMA PROGRAM STAFF EXCHANGE

UINSA Newsroom, Senin (21/02/2022); Dalam rangka menindaklanjuti MOU antara UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dengan University Teknology Mara (UiTM) Malaysia Cabang Perlis yang telah disepakati pada 6 Mei 2021 lalu. Senin, 21 Februari 2022, UiTM Malaysia resmi menggelar ceremony Penandatanganan MoA dengan UINSA Surabaya dalam Program Staff Exchange.

Kegiatan ini digelar virtual dengan dihadiri tamu undangan dari masing-masing. Di UINSA, hadir mendampingi Rektor antara lain para Wakil Rektor, Kepala Biro, Ketua LPM, Ketua LPPM, Kepala Kantor Layanan Internasional, Koordinator dan Sub Koordinator Bagian Kerjasama, Kelembagaan dan Humas; Wakil Dekan, Kaprodi Matematika, Koordinator TU dan Sub Koordinator, serta Tim Kerjasama pada Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UINSA Surabaya. Sedangkan perwakilan dari Universitas Teknologi MARA ( UiTM) dihadiri Rektor UiTM Malaysia Cabang Perlis, Prof. Madya Ts. Dr. Shukor Sanim Mohd Fauzi, serta tamu undangan lainnya.

Rektor UINSA Surabaya, Prof. H. Masdar Hilmy, S,Ag., M.A., Ph.D., berharap, dengan adanya kerjasama ini akan semakin memantabkan kemitraan UINSA dalam rangka peningkatan kapasitas internal. Selain itu, juga meningkatkan partisipasi aktif UINSA dalam pengembangan kapasitas keilmuan di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Khususnya dalam rangka penerapan MBKM yang saat ini tengah dirintis di UINSA Surabaya,” ujar Prof. Masdar.

Sementara itu, Dekan FST UINSA Surabaya, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag., selaku leading sector kerjasama UINSA-UiTM menyambut baik kerjasama ini. Kerjasama ini, menurut Prof. Evi, berlaku selama dua tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Dijelaskan Dekan FST, bahwa Program Staff Exchange secara khusus dilakukan dengan Fakultas Ilmu Komputer dan Matematika UiTM Cabang Perlis. Kerjasama ini terbuka bagi setiap staf dan atau dosen dari kedua lembaga untuk melakukan pertukaran dengan kapasitas 1-5 orang per tahun akademik. “Dengan durasi pertukaran minimal 1-6 bulan,” imbuh Prof. Evi.

Dekan FST juga berharap, kerjasama ini mampu meningkatkan peran UINSA tidak hanya di kancah nasional tapi juga internasional. “Kami menyambut baik dan siap mendukung kerjasama ini. Khususnya di bidang peningkatan Tri Dharma Perguruan Tinggi kita. Yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat,” ujar Prof. Evi. (All/Humas)