Berita

@Psikologi dan Kesehatan

Monday, 21 February 2022

Seminar Pengembangan Motivasi Siswa bagi Guru Kelas dan BK (Bimbingan konseling)

Lumajang – Fakultas Psikologi dan Kesehatan Laksanakan Seminar yang bertemakan “Pengembangan Motivasi Siswa” di MTSN 1 Lumajang. Seminar dilaksanakan pada Sabtu (19/02/2022) dengan Guru Kelas 8 dan BK sebagai peserta Seminar. 

Kegiatan Seminar dimulai pada pukul 09:00 WIB dengan agenda:
1. Pembukaan dari kepala madrasah,  
2. Pemaparan materi dari narasumber,
3. Sesi tanya jawab 

Dr Siti K. Khottimah M.Psi Psikolog sebagai narasumber memaparkan tujuan dari kegiatan Seminar tersebut yaitu untuk menjelaskan hasil psikotes aspek kepribadian kepada guru, menguraikan aspek apa yg bisa dikembangkan terkait motivasi berprestasi dan belajar
Memberikan masukan apa saja yg bisa dilakukan guru kelas dan BK agar dapat meningkatkan motivasi siswa. 

Dalam menyampaikan materi, Ibu Khottimah yang merupakan Dosen Psikologi menjelaskan terkait Motivasi adalah terdapat beberapa teori Motivasi; pertama Teori Behavioral yang melibatkan adanya imbalan dan hukuman sebagai kunci dalam menentukan motivasi siswa, kedua Teori Humanistis yang menekankan pda kapasitas siswa untuk mengembangkan kepribadian serta kebebasan untuk memilih nasib mereka, ketiga Teori Kognitif yang memusatkan pada pemikiran siswa dalam memandu meningkatkan motivasinya dan keempat Teori Sosial yang berkaitan pada kebersamaan dengan oranglain. 

Dikutip dari penjelasan pada power point, terdapat keterangan bahwa dalam mengembangkan motivasi siswa para pendidik dapat menggunakan beberapa upaya, diantaranya; melalui pendekatan personal, konseling kelompok, psikoedukasi, dan menggunakan kisah. 

Setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab hingga pukul 11:00 WIB acara seminar berakhir.