Berita

UINSA RESMI BERANGKATKAN 3.875 MAHASISWA KKN KE SEPULUH WILAYAH

UINSA Newsroom, Senin (17/07/2023); Pemberangkatan Mahasiswa untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tahun 2023, digelar pada Senin, 17 Juli 2023. Kegiatan KKN ini diikuti sebanyak 3.875 Mahasiswa Semester VI dari 9 fakultas pada UINSA Surabaya.

Dr. H. Achmad Zaini, MA., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UINSA Surabaya dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan KKN tahun 2023 digelar dalam beberapa jenis. Antara lain KKN Moderasi Beragama di Tanah Toraja yang diikuti 5 peserta; KKN Moderasi Halmahera 10 peserta; KKN Kampung ‘Arek Suroboyo’ Ramah Perempuan dan Peduli Anak 66 peserta; KKN Persemakmuran di Madura (Pamekasan-Sumenep) 26 peserta; KKN Persemakmuran di Malang 10 peserta; dan KKN Reguler 3758 peserta.

KKN Reguler dengan jumlah terbanyak tersebut, lanjut Ketua LP2M, disebar di wilayah Pasuruan sebanyak 40 desa, Lumajang 40 desa, Probolinggo 40 desa, dan Nganjuk 40 desa. Tema yang diangkat dalam kegiatan KKN antara lain stunting, mitigasi bencana dan penataan lingkungan, pendampingan UMKM dan dan produk halal, ramah perempuan dan peduli anak, serta pemberdayaan masjid.

Sementara itu, mewakili Rektor UINSA Surabaya, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan (AUPK) menyampaikan, bahwa waktu satu bulan kegiatan KKN menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk melakukan diseminasi keilmuan. Beberapa hal yang ditekankan Warek AUPK antara lain menjaga soliditas kelompok. “Jangan sampai diantara kelompok saudara ini ada konflik internal,” ujar Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag.

Karena konflik internal, menurut Warek AUPK, akan menjadi penghambat bagi tercapainya program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang menjadi tujuan utama dari kegiatan KKN.

Kedua, menjaga nama baik almamater UINSA Surabaya. Mahasiswa diharapkan memberikan kontribusi terbaiknya selama KKN dan menjadi kebanggaan UINSA Surabaya. “Saatnya saudara menyampaikan apa pengetahuan yang sudah saudara miliki dari masing-masing prodi. Berusaha bekerjasama untuk berkolaborasi. Kalau sudah program itu dicanangkan, maka harus disiapkan semaksimal mungkin,” tegas Prof. Wiwik.

Hasil dari kegiatan KKN berupa laporan, sebagaimana disampaikan Warek AUPK, akan dikompetisikan sebagai apresiasi atas dedikasi yang dilakukan mahasiswa selama KKN. Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) juga diharapkan mengambil peran penting dalam mendampingi mahasiswa selama menjalankan KKN. “Tetap semangat dan semoga sukses, sehat semuanya itu penting,” tukas Prof. Wiwik.

Hadir dalam kesempatan ini para Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Pusat, serta DPL KKN Tahun 2023. Ceremony pemberangkatan KKN Tahun 2023 ini ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin Dekan Fakultas Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FISIP) UINSA Surabaya, Prof. Dr. H. Abd. Chalik, M.Ag. Serta secara serempak menyanyikan lagu wajib nasional ‘Bagimu Negeri.’ (Nur/Humas)