Berita

UINSA BERPERAN DALAM PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ANTARIKSA DI JAWA TIMUR

UINSA Newsroom, Selasa (28/03/2023); Bertempat di Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Jawa Timur, Perwakilan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang dipimpin Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama; Dr. A. Saeful Hamdani, M.Pd.,  Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Adi Damanhuri, M.Si., dan Agus Solikin, M.S.I., (Prodi Ilmu Falak) mengikuti rapat koordinasi yang membahas masa depan Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Watukosek.

Rapat yang dipimpin Kepala BRIDA Provinsi Jawa Timur, Dr. Andriyanto, SH., M.Kes., juga dihadiri Prof. Thomas Djamaludin (Mantan Kepala LAPAN), Dr. Emmanue Sungging, M.Si., (Kepala Pusat Antariksa, Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN), Dian Yudha Risdianto, M.T. (Mantan Kepala BPAA Pasuruan) serta elemen lain dari BRIDA maupun BRIN.

Rapat yang digelar secara hybrid, fokus membahas problematika dan rencana kemajuan ilmu pengetahuan khususnya bidang antariksa di Jawa Timur melalui masa depan pengelolaan BPAA Watukosek Pasuruan. “Masa depan dan rencana kita mengenai BPAA Watukosek bagi Jawa Timur, bisa mendukung ide saya mengenai Citizen Science. Akan terbayang kedepan, jika masyarakat bertanya mengenai antariksa, maka Jawa Timur menjadi rujukannya,” ujar Dr. Andriyanto, S.H., M.Kes di sela rapat pembahasan yang begitu hangat.

“UINSA, Insya’a Allah sangat senang dan menyambut baik atas rencana BRIDA kedepan, dan UINSA siap berkolaborasi, berkontribusi, dengan sumber daya yang kami miliki untuk kemajuan sains antariksa secara khusus dan kemajuan ilmu pengetahuan di Jawa Timur,” sambut Prof. Abdul Muhid, M.Si ketika memberikan sambutan.