Berita

Perpustakaan UINSA menyelenggarakan kegiatan TOP’s BINGITS dengan tajuk “Halal dalam Perspektif Sains” (11/08/2023) yang menghadirkan Ibu Yuanita Rachmawati, M.Sc (Dosen UINSA) sebagai narasumber. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. (kepala perpustakaan) dan staf Perpustakaan UINSA.

Pada kesempatan ini Ibu Yuanita menyampaikan terkait syarat suatu produk dapat dikatakan halal dan keutamaan mengkonsumsi produk halal. Adapun syarat suatu produk dikatakan halal yaitu halal zatnya, halal dalam memprosesnya, halal penyimpanannya, halal penyajiannya dan halal cara memperolehnya. Dari kelima syarat tersebut, lembaga sertifikasi halal hanya dapat menjamin keempat syarat, kecuali cara memperolehnya.

Selain itu Ibu Yuanita juga menyampaikan terkait rangkaian proses suatu produk mendapatkan sertifikasi halal serta memaparkan hasil riset yang telah dilakukan oleh Ibu Yuanita dan tim. Semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran khususnya staf perpustakaan mengenai produk halal. (Dep)