Berita

Tim peneliti Fisip UIN Sunan Ampel Surabaya menyaksikan dan mengikuti ritual adat Buka Kampung masyarakat Banda Naira, Kamis (12/10 2023).

Kegiatan observasi dilakukan di Desa Selamon Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah.Terlihat seperti di dalam foto upacara adat buka kampung tengah digelar oleh pemuka adat bersama masyarakat adat Selamon. Ritual buka kampung ini berisi rangkaian seni budaya seperti Tari Cakalele dan kesenian Belang Adat yang diperagakan oleh masyarakat.

 Bagi masyarakat adat Banda, ritual buka kampung memiliki makna dan nilai historis. Seperti yang dituturkan Abah Rizal, bahwa Tari Cakalele dan Belang Adat memberikan makna kegigihan masyarakat adat banda dalam berkorban melawan penjajahan di masa lalu. Sementara bagi masyarakat Banda ritual buka kampung menjadi media masyarakat menjaga hubungan antara manusia, alam. Leluhur dan tuhannya.

Menurut Abah Rizal, ritual buka kampung merupakan ritual yang dilakukan masyarakat adat Banda yang dilakukan secara turun temurun. Tradisi buka kampung  memiliki makna memohon izin kepada leluhur ketika akan melakukan upacara ritual adat.

Tim peneliti berhasil mendokumentasikan sejumlah perempuan yang terdiri dari nenek-nenek tengah memainkan alat musik tradisional dalam perayaan ritua buka kampung di desa selamon. Rasa kebersamaan mereka terlihat di saat masing-masing berbagi peran dalam memainkan alat tifa. Tifa adalah alat musik seperti tabung yang dimainkan dengan cara dipukul  menggunakan tongkat pemukul yang terbuat dari pelepah.

Sementara para barisan tetua adat yang terdiri dari kakek-kakek memperlihatkan senjata-senjata adat yang digunakan dalam acara Buka Kampung seperti tombak, pedang pusaka dan alat lainnya yang terbuat dari kayu. Sebagian yang lain memperlihatkan atribut pakaian tari Cakalele yang digunakan penari pada upacara Buka Kampung.

Sementara pemangku adat menyambut masyarakat dan saling bertegur sapaserta berbincang bersama dengan penuh kehangatan. Menjelaskan nilai-nilai intrinsik dari rituat Cakaleli dab Belang adat yang biasa dilakukan pada setiap acara buka kampung masyarakat di Banda.