Berita

UINSA Newsroom, Rabu (04/10/2023); Hari kedua kegiatan, ‘Pendampingan Penyusunan Pelaporan PDDikti’ pada Rabu, 4 Oktober 2023 dibuka langsung Kepala Bagian Akademik, H. Ahmad Firdausi, S.IP., M.Fil.I. Dilanjutkan dengan sesi panel dua narasumber dari Tim Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) Kemdikbudristek serta Pokja PDDikti Kemenag RI.

Dua narasumber tersebut yakni Ir. Franova Herdiyanto S.Kom, M.T.I., Subkoordinator Data dan Informasi pada Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi; dan Alip Nuryanto, M.Hum., Staf Subdit Kelembagaan dan Kerjasama Dit. PTKI.

Dalam kegiatan yang dihadiri Pengelola Prodi pada Pascasarjana dan Fakultas ini, para narasumber menyampaikan secara detail terkait teknis pelaporan PDDikti. Paparan pertama disampaikan Ir. Franova yang menjelaskan tentang statistika Perguruan tinggi.

Dijelaskan Ir. Franova, bahwa data tahun 2022 terdapat 4.522 perguruan tinggi, 31.391 prodi nasional, 2.5521.039 maba nasional, 9.320.410 mahasiswa terdaftar nasional, 326.554 dosen nasional, dan 1.842.588 lulusan nasional.  “Ini statistika secara kuantitas sudah banyak,” ujar Ir. Franova.

Ir. Franova secara khusus juga mengingatkan pengelola prodi pada fakultas maupun pascasarjana, untuk menjaga sinergi dengan tim universitas. Khususnya dalam hal supporting data pelaporan kondisi terkini prodi.

“UINSA memiliki 24ribu mahasiswa terdaftar yang dilaporkan pada 2022 Ganjil. Alhamdulillah, sudah 100 persen laporannya,” terang Ir. Franova.

Selain paparan narasumber, dalam kesempatan ini para pengelola prodi juga berkesempatan melakukan tanya jawab dengan narasumber. Berbagai persoalan di tingkat prodi pun dikupas secara langsung bersama narasumber. Usai paparan, agenda dilanjutkan dengan penyusunan Rencana Tindak Lanjut (RTL) bersama antara pengelola prodi pada Fakultas dan Pascasarjana bersama Tim Bagian Akademik UINSA Surabaya. (Nur/Humas)