Berita

THE UINSA INCLUSIVE LEADERSHIP CAMP TAHUN 2023

UINSA Newsroom, Jumat (23/6/2023); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali menggelar Pelatihan Kepemimpinan bagi pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) bertajuk, ‘The UINSA Inclusive Leadership Camp Tahun 2023.’ Kegiatan ini digelar di Hotel Kusuma Argo Wisata, Kota Batu pada Jumat-Sabtu, 23-24 Juni 2023.

Hadir dalam kesempatan ini, para Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama pada UINSA Surabaya. Selain itu, hadir sebagai peserta yakni Pengurus SEMA-U, DEMA-U, SEMA-F, DEMA-F, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Unit Kegiatan Khusus (UKK) UIN Sunan Ampel Surabaya.

Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menuturkan, bahwa aktivis mahasiswa bisa berbuat banyak hal dan menjadi sosok ‘khoirunnas anfauhum linnas‘ (sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang dapat memberikan manfaat kepada manusia lainnya). “Sesuai dengan tupoksi, sesuai dengan aktivitas organisasi tentu dengan penguatan kapasitas melalui UINSA Inclusive Leadership Camp ini,” ujar Prof. Muhid.

Disampaikan Warek, bahwa The UINSA Inclusive Leadership Camp memiliki aktivitas dan materi yang dapat membangun jiwa kepemimpinan di era saat ini.

Prof. Muhid juga memaparkan, bahwa selain materi secara knowledge (pengetahuan) juga memiliki pengalaman. “Kemudian punya pengasahan secara emosional karena nanti akan dilatih melakukan regulasi diri, membangun organisasi yang baik, terutama kepemimpinan,” jelasnya.

Tujuan dari The UINSA Inclusive Leadership Camp, lanjut Warek, adalah untuk memupuk bagaimana aktivis organisasi agar menjadi pemimpin yang inclusive. Pemimpin yang dapat membaur, membangun, dan yang bisa mengorganisir siapapun anggota organisasinya.

Di sela pembukaan acara Rektor UINSA Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., berpesan agar para Pengurus Ormawa senantiasa menjaga marwah almamater. Termasuk bijak dalam menggunakan media sosial.

“Tampilkan di depan rumah anda yang baik. Tampilkan di media sosial yang baik-baik, dan itu dapat pahala di era digital saat ini. Jika setiap DEMA, SEMA, UKM, UKK banyak memposting yang baik-baik maka banyak juga pahalanya,” jelas Prof. Muzakki.

Selain itu, Warek mengingatkan pada seluruh elemen organisasi di UINSA dalam bermedia sosial agar Upload One Day One Post tentang aktivitas/kegiatan. (Ryn/Humas)