Berita

@adminuinsa

Wednesday, 2 March 2022

TES SNPDB DI MAN PK JOMBANG SUKSES DIGELAR

UINSA Newsroom, Minggu (27/02/2022); Telah dilaksanakan Computer Based Test (CBT) Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Unggulan diantaranya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAKN), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAN PK).

CBT SNPDB dilaksanakan secara serentak di seluruh penjuru Indonesia selama dua hari pada tanggal 26-27 Februari 2022. Adanya tes SNPDB diharapkan dapat menjaring potensi calon siswa, yang terlihat dari beberapa indikator tes bakat skolastik siswa. Berupa kemampuan verbal, numerik, penalaran, dan kepribadian. Serta tes akademik yang meliputi bidang studi Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dan PAI.

Salah satu MAN yang menjadi tempat pelaksanaan tes tersebut yakni MAN 4 Jombang (MAN PK Jombang) yang dipimpin Dr. Syamsul Ma’arif. “Kami berharap diberikan kelancaran baik saat CBT dimulai maupun pelaksanaan wawancara,” ujar Dr. Syamsul.

Khusus MAN PK, ada tahapan wawancara untuk menggali potensi dari sisi non akademik siswa. Aspek tersebut diantaranya Motivasi, Baca Tulis dan Hafal Al-Quran, Baca Kitab dan Bahasa Arab dan Inggris.

MAN PK Jombang merupakan madrasah yang berdiri di lingkungan Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang. Merupakan salah satu pondok pesantren peninggalan Kyai NU di daerah Jombang. Sarana prasarana yang memang dulunya masih sangat sederhana dan hingga saat ini banyak perubahan yang dialami MAN PK Jombang. “Setelah mendapatkan bantuan SBSN, kita bisa membuat gedung yang sangat layak dan beberapa komponen penunjang kegiatan belajar-mengajar saat ini sudah sangat tercukupi oleh adanya bantuan tersebut,” tutur Waka Sarpras MAN PK Jombang.

Tidak hanya dari Jawa Timur, calon peserta didik dari Jakarta pun datang dan mengikuti seleksi tersebut. “Kita melakukan cek suhu kepada anak. Anak juga harus menerapkan protokol kesehatan ketat dan ditanyakan hasil rapid antigen sebelum masuk pada ruang ujian,” kata Dr. Syamsul. Adanya penerapan prokes diharapkan dapat mencegah penularan Covid-19.