Agenda

Gunung Anyar, Surabaya – (06/09/2023) Sambut mahasiswa baru (MABA) angkatan kedua prodi Gizi, Fakultas Psikologi dan Kesehatan adakan Pengayaan Kompetensi dengan mengundang Yuni Prabawani, STP, M. Kes.

Diselenggarakan di Auditorium Gedung FPK. Kegiatan kali ini dimulai pada pukul 13:00 dengan dibuka oleh Dr. Suryani, S. Ag, S. Psi, M. Si selaku Wakil Dekan I, yang kemudian dilanjut dengan pembacaan CV oleh Moderator, Sarita Oktorina, M. Kes.

Materi bertajuk “Peran Tenaga Gizi dalam Pencegahan Permasalahan Gizi” itu menjelaskan tentang standar kompetensi nutrisionis, area kompetensi nutrisionis, dan intervensi gizi pada permasalahan dalam negeri serta percepatan perbaikan gizi masyarakat. Ditampilkanlah data yang beragam dan menarik menghasilkan pemahaman mahasiswa menjadi utuh dan objektif.

Analis Kesehatan UPT Laboratorium Gizi tersebut juga memberikan kiat-kiat untuk menjadi nutrisionis sukses, salah satunya ialah pandai berkomunikasi efektif kepada masyarakat. Nutrisionis tentu berperan besar dalam edukasi gizi kepada masyarakat.

Penjelasan ini menjadi motivasi Hana Khoirunnisa—salah seorang mahasiswi Gizi—untuk mengajukan pertanyaan tentang cara nutrisionis bisa memberikan edukasi kepada masyarakat yang terkadang susah untuk diberi edukasi.

Narasumber pun kembali menegaskan akan pentingnya edukasi yang humanis kepada masyarakat. “Seorang nutrisionis juga harus memiliki kemampuan berkomunikasi efektif dengan tanpa menyalahkan dan pandai lihat kondisi. Susah memang, tapi jangan putus asa!” Tutur wanita berkerudung merah jambu tersebut.

Pemberian materi yang komprehensif memberikan wawasan dan nasihat praktis bagi mahasiswa. Kegiatan ini juga mengingatkan pentingnya gizi dan peran ahli gizi dalam mempromosikan pola hidup sehat, serta upaya bersama untuk mencegah stunting dan malagizi.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Ayda Zaqiyatunnisa