Berita

UINSA Newsroom, Selasa (14/11/2023); Hari kedua Kegiatan Penyusunan Standar Pengawasan dan Pemeriksaan Satuan Pengawasan Internal (SPI) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya digelar pada Selasa, 14 November 2023, peserta dibagi dalam dua tim. Yakni tim Pengadaan dan Tim Keuangan. Kedua tim ini diagendakan untuk mendiskusikan pedoman pada masing-masing bidang sebagai acuan dalam pengawasan SPI UINSA Surabaya.

Dalam kegiatan yang digelar di Ruang Pertemuan Lt. 4 Gedung GreenSA Inn Sidoarjo ini, segenap unsur Pimpinan dan Pejabat Pembuat Komitmen pada unit di UINSA Surabaya saling bertukar pikiran untuk menyusun pedoman tersebut.

Dibuka dengan sambutan Dr. Imam Buchori, SE., M.Si., Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI) UINSA Surabaya, kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja tata kelola manajerial pada UINSA Surabaya. Menyongsong rencana alih status UINSA dari Satker BLU menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Badan Hukum (PTKIN-BH), yang juga menuntut kinerja maksimal dari segenap komponen kampus.

“Secara operasional, SPI memang harus mempunyai standar-standar yang harus kita susun sebagai acuan kita untuk melangkah,” ujar Dr. Imam Buchori.

Acuan ini diharapkan dapat menjadi standar yang dipakai bersama di semua unit pada UINSA Surabaya. Sehingga meminimalisir kemungkinan perbedaan persepsi baik dalam hal kebijakan maupun pelaporan. “Jika kita sudah punya standar maka semua kinerja dapat berjalan sesuai standar yang berlaku, ” imbuh Dr. Imam Buchori.

Ketua SPI juga menegaskan, bahwa rencana alih status UINSA dari Satker BLU ke PTKIN-BH juga hanya tinggal menunggu. Berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh Tim Akselerasi PTKIN-BH. “Kita (UINSA, red) sebentar lagi InsyaAllah memasuki era baru, era PTKIN-BH,” harap Dr. Imam Buchori.

Dalam forum yang dibagi dua tim, Bidang Pengadaan dipimpin langsung Sekretaris SPI, Noor Wahyudi, M.Kom. Sedangkan Bidang Keuangan dipandu Yuli Anggraini, S.Pd., M.A., Analisis Laporan Hasil Audit pada SPI serta Rizah Inayatulloh Ridlwan, S.E., M.M., Sub Koord pada Bidang Akuntansi dan Keuangan UINSA Surabaya.

Pada hari pertama, Senin, 13 November 2023, SPI UINSA menghadirkan dua narasumber ahli. Yakni I Ketut Ismayana S.T, M.T (Kepala Seksi Pembinaan Teknis Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Cipta Jawa Timur) yang menyampaikan materi terkait Pengendalian dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi.

Pemateri kedua, Mirna Amirya S.E., MSA., Ak., Ph.D. (Deputi Pengawasan Keuangan SPI Universitas Brawijaya) menyampaikan tentang Pertanggungjawaban dan Ketaatan Belanja. (Nur/Humas)

Reportase: Nur Hayati (Redaktur)

Editor Foto: Rian