Berita
SRAWUNG ALA HIMASOS FISIP UINSA

Jombang, Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Curahmalang, kabupaten Jombang. Program yang dirancang oleh Himasos FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya ini terdiri dari berbagai aktivitas dan bertujuan untuk membantu masyarakat tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apa pun. Pengabdian masyarakat yang dilakukan Himasos FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya ini, terdiri dari mahasiswa Sosiologi semester tiga dan semester lima. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 4 November 2022 – 6 November 2022.

Kegiatan pengabdian ini bertemakan Srawung Desa. Dimana kegiatan srawung desa tersebut,  Himasos melakukan beberapa kegiatan, yaitu: sosialisasi (sosialosasi tentang hoax, bahaya narkoba dan manajemen organisasi), membantu warga membuat palang pembatas desa, mengajar anak – anak warga membaca Al Quran, serta melakukan kegiatan penghijauan. Dalam melakukan kegiatan tersebut, mahasiswa membuat kelompok – kelompok untuk melaksanakan setiap agenda kegiatan pengabdian.

Kegiatan Sosialosasi, ditujukan kepada masyarakat umum dan para generasi muda atau remaja Desa Curahmalang. Kegiatan sosialisasi tentang hoax di tujukan kepada masyarakat umum desa Curahmalang. Kegiatan ini bertujuan membangun kesadaran akan pentingnya melawan hoax yang semakin mudah ditemukan. Pada sosialisasi ini, pembahasan yang diberikan lebih ditekankan pada aspek definisi hoax, penyebaran hoax, ciri – ciri hoax dan juga cara untuk menyikapi hoax. Kemudian, Sosialisasi tentang bahaya narkoba dan manajemen organisasi, lebih di fokuskan untuk generasi muda atau remaja desa Curahmalang. Sosialisasi tersebut dilakukan agar generasi muda paham tentang bahaya atau dampak dari narkoba sehingga mereka tidak melakukan tindakan penyalahgunaan narkoba yang sering terjadi di kalangan remaja. Kemudian, untuk kegiatan sosialisasi manajemen organisasi di tujukan pada karang taruna desa Curahmalang. Kegiatan ini bertujuan agar para pengurus dan anggota karang taruna bisa mengorganisir dengan baik organisasinya, sehingga tujuan yang ditetapkan dari organisasi tersebut dapat tercapai. Tak lupa mahasiswa Himasos juga melakukan kegiatan penghijauan di desa Curahmalang, hal ini penting di lakukan, agar lingkungan tetap terjaga dan terpelihara serta dapat membuat desa menjadi lebih asri.

Hari terakhir dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diakukan oleh Himasos FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya, Ketua dan Sekretaris Program Studi Sosiologi FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya menjemput para mahasiswa sekaligus mengucapkan terima kasih kepada perangkat desa serta warga desa Curahmalang yang dengan baik dan ramah menyambut serta menerima kedatangan mahasiswa Sosiologi FISIP UIN Sunan Ampel Surabaya dalam melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.(masitah)