Berita

@Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Tuesday, 11 January 2022

SOSIOLOGI MENGABDI,  WUJUD NYATA DARI TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI

Himpunan Mahasiswa Sosiologi UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) bekerjasama dengan Urban Care Community mengadakan kegiatan pengabdian di Balai Kampung Baru – Stren Kali Jagir, Wonokromo, Surabaya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 dan 9 Januari 2022.

Kafa Billahi selaku ketua umum Himpunan Mahasiswa Sosiologi dalam wawancaranya mengatakan bahwa kegiatan ini di lakukan semata-mata untuk memenuhi kewajiban dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ada.

“ Kegiatan ini dilakukan sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian masyarakat yang menjadi landasan utama supaya mahasiswa bisa memberikan sesuatu yang penting kepada masyarakat.” ujarnya.

Pengabdian yang berjalan dua hari ini menfokuskan kegiatannya kepada para anak usia dini yang ada di wilayah tersebut. Para panitia dalam kegiatan pengabdian ini memfokuskan kegiatan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak tersebut.

“ Pengabdian ini difokuskan untuk memberdayakan anak usia dini sehingga kita memfokuskan untuk memberikan mereka pendidikan.” Tandas ketua umum Himpunan Mahasiswa Sosiologi Kafa Billahi.

Serangkaian kegiatan dalam pengabdian ini sendiri akhirnya bisa berjalan dengan lancar karena, adanya kerjasama yang bagus dari jajaran kepanitiannya. Kegiatan di hari pertama dalam pengabdian ini di fokuskan ke arah pendidikan sedangkan untuk hari keduannya lebih berfokus untuk memberikan materi tentang pemberdayaan lingkungan hidup dan melihat kartun anak-anak.

Pengabdian ini sendiri mendapat apresiasi yang cukup baik dari ibu Yuliana selaku pengelola balai kampung baru sekaligus korwil untuk paguyuban di wilayah tersebut. Pengabdian yang dilakukan mahasiswa sendiri bisa memberikan manfaat yang besar bagi wilayah tersebut.

ibu Yuliana menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi anak-anak dan lingkungan sekitarnya karena,  dapat memberikan pendidikan yang layak kepada mereka. Dan seringkali anak-anak merasa kangen dengan kakak-kakak mahasiswa setelah kegiatan ini berakhir.

Kafa Billahi berharap kegiatan ini jangan sampai terhenti,  untuk kedepannya ataupun di tahun-tahun yang akan mendatang dapat melaksanakan kegiatan yang sama.

“ Pengabdian seperti ini jangan sampai terhenti untuk kedepannya, tetap harus memberikan follow up kepada anak-anaknya. “ tegasnya.(Agam Musbir)