Berita

Kamis, 06 Oktober 2022–  Temu Sapa antara Prodi dengan Himpunan  Mahasiswa (HIMA) PIPA berlangsung hangat. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan sinergisitas prodi dan Hima PIPA ini dimulai pukul 13.00-16.00 di ruang Eltis 304. Hadir dalam acara tersebut Ketua Program Studi Pendidikan IPA Maunah, Setyawati, M.Si; Sekretaris Prodi Pendidikan IPA Nailil Inayah, M.Pd; Ketua dan BPH Hima PIPA UINSA.

Kegiatan yang bertema “Sinergi Melangkah, Prodi dan Hima PIPA UINSA” ini merupakan wujud sinergi prodi dengan hima dalam menjalankan perananannya. Kaprodi Pendidikan IPA, Maunah Setyawati, M.Si menyampaikan Filosofi dan motivasi mengenai bagaimana harapan-harapan prodi PIPA dalam berkolaborasi dengan HIMA. Lebih lanjut, Maunah menyampaikan dengan antusias bahwa Hima PIPA harus banyak belajar melalui pengalaman-pengalaman kegiatan mengingat hima PIPA baru berdiri tiga tahun berjalan. Jangan sampai mengadakan acara namun belum matang, sehingga akan menimbulkan masalah di kemudian hari, tidak hanya hima namun juga berimbas pada prodi.

Sekprodi Pendidikan IPA, Nailil Inayah, M,Pd mengawali materi dengan mengadakan game komunikata. Game ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada Hima PIPA terkait pentingnya komunikasi efektif dan kerjasama yang baik serta strategi yang matang dalam berorganisasi. Nailil dalam penyampaian materinya yaitu bentuk sinergisitas Prodi dan Hima, menekankan bahwa Prodi dan Hima PIPA hendaknya mencerminkan Tagline Pendidikan IPA yakni Saintis, Inovatif, Agamis. Saintis maksudnya Program-program yang diajukan haruslah berdasarkan karakteristik keilmuan IPA. Inovatif bermakna mengutamakan kemunculan ide-ide baru berdasarkan kebutuhan zaman. Adapun Agamis merupakan penciri  Pendidikan IPA UINSA dibandingkan yang instansi lainnya yakni adanya Integrasi keilmuan IPA dengan agama, termanifestasikan dalam integrated Twin Tower UINSA.

Dalam penjelasannya, Nailil menyampaikan bentuk sinergi Prodi dan Hima diantaranya harus diawali dengan kedekatan dan kepercayaan (trust). Kaprodi, Sekprodi, Dosen dan Pengurus hendaknya saling mengenal dan mempunyai shared vision hingga adanya kolaborasi untuk mewujudkan visi Bersama tersebut. Hima merupakan kepanjangan tangan prodi dalam mensosialisasikan program-program prodi. Demikian juga prodi merupakan support system bagi Hima dalam mengembangkan diri. Terwujudnya hal tersebut dapat diraih dengan adanya komunikasi efektif dan sinergi kolaborasi yang baik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab, Sosialisasi program prodi dan evaluasi kegiatan Hima yang telah berjalan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan prodi dan hima senantiasa sinergi dalam mewujudkan tujuan. Acara diakiri dengan hamdalah dan pengambilan dokumentasi kegiatan melalui foto bersama (NI).