Berita

SINERGI DALAM TANGANI KASUS KEKERASAN SEKSUAL, SATGAS PPKS UINSA LAKUKAN RAPAT KOORDINASI

UINSA Newsroom, Selasa (18/07/2023); Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS) UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melakukan rapat koordinasi antara Satgas PPKS level universitas dengan Satgas PPKS level fakultas/pascasarjana. Kegiatan dilaksanakan di Hall lantai 9 Tower Tengku Ismail Ya’kub pada Kamis, 13 Juli 2023.

Acara dibuka Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Prof. Dr. Abdul Muhid, M.Si dan dipandu Sekretaris satgas PPKS tingkat universitas, Dr. Muflikhatul Khoiroh, M.Ag. Hadir juga mengawal rapat koordinasi ini, Ketua Satgas PPKS Tingkat Universitas, Dr. Lilik Huriyah, M.Pd.I. Peserta rapat koordinasi kali ini adalah seluruh anggota Satgas PPKS tingkat universitas dan Ketua Satgas PPKS tingkat fakultas atau yang mewakili.

Dalam rapat koordinasi ini, dibahas tentang berbagai hal terkait kasus kekerasan seksual. Baik yang terjadi di tingkat Fakultas/Pascasarjana, maupun kasus-kasus di tingkat universitas. Dalam kesempatan ini terdapat tiga agenda utama, yakni Pertama, progress report pencegahan kekerasan seksual di fakultas/pascasarjana/unit masing-masing, termasuk didalamnya proses sosialisasi berbagai peraturan terkait PPKS.

Kedua, membahas berbagai upaya yang telah dilakukan Satgas PPKS dalam penanganan kasus-kasus kekerasan seksual yang muncul ditempat masing-masing. Dan yang ketiga, diskusi terkait rekomendasi untuk kasus-kasus kekerasan seksual yang sedang running dalam penanganan Satgas PPKS baik di tingkat universitas maupun fakultas.

“Semoga dengan komunikasi yang intens ini, dapat melancarkan kerja-kerja Satgas PPKS UINSA baik tingkat Fakultas maupun Universitas. Semoga kesadaran pun muncul dari segenap civitas akademika dan semua warga yang terkait dengan uinsa baik langsung maupun tidak langsung perihal kekerasan seksual. Semoga UINSA menjadi rumah aman, rumah nirkekerasan bagi seluruh warganya. Amin,” ujar Dr. Lilik. (sp).