Berita

Tepat pada Sabtu, 22 Oktober 2022, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya (FDK UINSA) mengirimkan puluhan delegasi mahasiswa dari setiap program studi untuk memeriahkan Hari Santri Nasional. Tema peringatan kali ini adalah “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”. Bertempat di depan Twin Towers, UINSA, setiap mahasiswa seragam mengenakan pakaian putih dan bawahan gelap.

Tak hanya mahasiswa, para pimpinan di lingkungan FDK UINSA juga turut meramaikan perayaan itu. Terlihat dekan, wakil dekan, koordinator, sekaigus dosen dan staf hadir di halaman depan UINSA tersebut. Upacara diawali dengan pengibaran bendera diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Agenda berikutnya adalah mengheningkan cipta sebagai rasa penghormatan kepada jasa para pahlawan dan para syuhada’. Lalu, terdapat pembacaan teks pancasila dan pembukaan UUD, pembacaan naskah resolusi jihad, ikrar santri, dan sambutan. Kegiatan seremonial ini ditutup dengan doa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag. berperan sebagai inspektur upacara. Dalam sambutannya, Prof. Ahmad mengatakan, “Maksud dari tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Setiap Indonesia memanggil santri tidak pernah mengatakan “tidak” karena santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.”

Meski di tengah terik matahari pagi, para peserta antusias dalam mengikuti rangkaian upacara mulai dari awal sampai selesai. Setelah acara seremonial, perayaan Hari Santri Nasional berlanjut dengan sholawat bersama. Sembari mendengarkan rangkaian sholawat, peserta upacara berkumpul sesuai fakultas masing-masing untuk dan menikmati konsumsi yang telah disediakan.

Penulis: Wirda Hani Waton

Editor: Fikry Zahria Emeraldien