Berita

@Psikologi dan Kesehatan

Sunday, 16 January 2022

Sharing Session : Prospek Kerja Lulusan Psikologi dan Persiapan Studi Lanjut dengan Beasiswa

Surabaya – Melalui media Zoom meet, Sharing Session dengan pemateri Siti Makhmudah, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku dosen sekaligus alumni lulusan tahun 2015 fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel Surabaya, membahas topik seputar Prospek Kerja Lulusan Psikologi dan Persiapan Studi Lanjut dengan Beasiswa. Sharing Session pada Sabtu (15/01/2022) pagi lalu dihadiri kurang lebih 35 mahasiswa sebagai peserta. 

Dalam menyampaikan materi, seorang Psikolog Klinis tersebut membagikan informasi beasiswa LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan) yang memfasilitasi mahasiswa lulusan S1 untuk melanjutkan pendidikan S2 di dalam maupun luar negeri.  

Siti Makhmudah menerangkan “Beasiswa LPDP ini merupakan badan layanan umum Kementrian Keuangan yang mempunyai tugas melaksanakan Pengelolaan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional.” 

“LPDP atau Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan juga merupakan program beasiswa milik pemerintah” lanjutnya. 

Sebagai penerima beasiswa LPDP tahun 2016, beliau menuturkan bahwa Beasiswa LPDP  mendanai tiga program studi yaitu Program Magister, Program Doktoral, dan Program Spesialis. Selain itu, terdapat empat jalur pendaftaran bagi peserta yang ingin mendapatkan beasiswa LPDP diantaranya melalui Jalur Umum, Jalur Afirmasi, Jalur Prasejahtera, PNS/TNI/POLRI, dan Jalur Santri dengan masing-masing syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. 

Diakhir penyampaian materinya, dosen psikologi UINSA tersebut memberikan sebuah motivasi dengan mengkutip suatu kalimat dari  seorang komika ternama, Pragiwaksono, bahwasanya “Impian tidak akan mati yang ada dia hanya tertidur dan akan bangkit di hari tua sebagai penyesalan”